Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan
kompetensi pedagogik tutor dalam meningkatkan partisipasi
belajar peserta didik paket C kelas reguler dan mendeskripsikan
partisipasi belajar peserta didik paket C kelas reguler. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
tutor dan peserta didik paket C kelas reguler
Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik
wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan menggunakan 4 langkah yakni
kondensasi data, reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas,
dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Triangulasi
sumber dan member check merupakan teknik yang digunakan
untuk mengecek kredibilitas dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik
tutor dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik paket
C kelas reguler yang diterapkan oleh semua tutor adalah
pembelajaran yang mendidik dan dialogis, terbukti bahwa
peserta didik berani beradaptasi. Tutor memiliki pemahaman
terhadap peserta didik untuk menentukan cara mengajar agar
lebih tepat dan meminimalisir kesalahan. 5 tutor
menyelenggarakan remedial untuk memberikan kesempatan
peserta didik dalam mengembangkan potensi. Partisipasi belajar
peserta didik meliputi mengajukan pertanyaan mengenai materi
yang belum paham, menjawab pertanyaan soal yang diberikan
tutor, menyampaikan pendapat atau sanggahan mengenai
jumlah materi yang disampaikan tutor, mengerjakan tugas
terstruktur 11 mata pelajaran baik di kelas maupun di rumah
dengan baik serta membuat catatan materi 11 mata pelajaran.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Partisipasi Belajar,
Program Paket C