Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh koneksi politik dan media exposure terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan dari 195 perusahaan high profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2019. Penelitian ini menggunakan variabel terikat berupa pengungkapan CSR yang diukur dengan metode analisis yang diadopsi dari penelitian Sembiring (2005). Variabel independen berupa koneksi politik dan media exposure diukur dengan menggunakan variabel dummy. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh koneksi politik dan media exposure terhadap pengungkapan Tanggung jawab sosial (CSR).
This study aims to examine and analyze the influence of political connections and media exposure in Corporate Social Responsibility(CSR) disclosure. This research is a quantitative study using secondary data from annual reports and sustainability reports of 195 High Profile companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2018-2019. This study uses the dependent variable in the form of CSR disclosure measured by the analytical method adopted from the research of Sembiring (2005). The independent variables in the form of political connections and media exposure are measured using dummy variables. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis with SPSS software. this study indicates that there is an influence of political connections and media exposure on disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR).