STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN SIKAP MANDIRI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AL IKHSAN BAGOR NGANJUK
TEACHER STRATEGIES IN BUILDING AN INDEPENDENT ATTITUDE FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS AT SPECIAL SCHOOL AL IKHSAN BAGOR NGANJUK
Pendidikan merupakan sarana yang tepat bagi tumbuh kembang siswa berkebutuhan khusus. Hal ini dikarenakan pendidikan dapat menjadikan siswa yang memiliki kekurangan tumbuh menjadi anak yang mandiri, cerdas, mudah bergaul, dan bisa bertanggung jawab. Pentingnya pengawasan dari guru menjadi salah satu aspek terciptanya lingkungan pendidikan yang sempurna.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi yang dilakukan oleh guru Sekolah Luar Biasa Al Ikhsan Bagor Nganjuk kepada siswa berkebutuhan khusus. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa dengan ketunaan autis yang berada di kelas 5 Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan siswa dengan ketunaan autis menjadi siswa dengan ketunaan terbanyak pada tingkat Sekolah Dasar yaitu di kelas 5 SD. Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) karena mengingat urgensi dalam menanamkan serta membangun sikap mandiri pada siswa harus dilakukan sejak usia dini. Adapun sikap mandiri yang dimaksud dalam penelitian ini adalah agar siswa penyandang autis mampu membantu dirinya sendiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandiri dalam merawat diri dan kebersihan diri, mandiri dalam makan dan minum, dan mandiri dalam memakai serta melepas kaos kaki dan sepatu sendiri.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Behavioristik Classical Conditioning yang dikembangkan oleh Ivan Petrovich Pavlov. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini mengambil informan dari guru di Sekolah Luar Biasa Al Ikhsan Bagor sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru Sekolah Luar Biasa Al Ikhsan Bagor Nganjuk yaitu : (1) melalui pemberian apresiasi. Pemberian apresiasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pertama dalam bentuk gestur atau gerakan badan seperti memberikan tepuk tangan ketika siswa berhasil menyelesaikan suatu kegiatan. Kedua dalam bentuk verbal atau kata-kata seperti kata semangat, kamu hebat, kamu luar biasa (2) melalui permainan. Kegiatan bermain merupakan salah satu faktor yang dapat merangsang perkembangan sensorik, motorik, serta kognitif siswa seperti permainan puzzle, lempar bola, memasang bagian anggota tubuh, dan mewarnai.
Kata kunci : Strategi, Sikap Mandiri, Siswa Berkebutuhan Khusus
Education is the right means for the growth and development of students with special needs. This is because education can make students who have disabilities grow into children who are independent, intelligent, sociable and responsible. The importance of teacher supervision is one aspect of creating a perfect educational environment.
This research describes the strategies used by teachers at the Al Ikhsan Bagor Nganjuk Special School for students with special needs. The targets of this research were students with autistic disabilities who werw in grade 5 of Elementary School. This is because students with autistic disabilities are the students with the most disabilities at the elementary school level, namely in grade of elementary school. This research focuses its study on elementary school (SD) students because considering the urgency of instilling and building independent attitudes in students must be done from an early age. The independent attitude referred to in this research is that students with autism are able to help themselves in carrying out daily activities such as being independent in caring for themselves and personal hygiene, being independent in eating and drinking, and being independent in putting on and taking off their own socks and shoes.
The theory used in this research is the Behavioristic Classical Conditioning Theory developed by Ivan Petrovich Pavlov. The approach used in this research is qualitative with descriptive analysis methods. This research took informants from teachers at the Al Ikhsan Bagor Special School as research subjects. The data collection techniques used were observation, indepth interviews and documentation. The validity test of the data used is source triangulation.
The results of the research show that the strategies used by Al Ikhsan Bagor Nganjuk special school teachers are : (1) through giving appreciation. Giving appreciation can be done in two ways, manely first in the form of gestures or body movements such as giving applause when students successfully complete an activity. Second, in verbal form or words such as words of encouragement, you are great, you are extraordinary. (2) through play. Play activities are on of the factors that can stimulate students sensory, motoric and cognitive development, such as puzzle games, throwing balls, attaching body parts and coloring.
Keywords : Strategy, Independent Attitude, Students with Special Needs