PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN TERHADAP PRODUK NURAYYA SAMPO DANDRUFF TANPA KANDUNGAN SLS
UTILAZATION OF SOCIAL MEDIA AS MARKETING MEDIA ON NURAYYA PRODUCTS SHAMPOO DANDRUFF WITHOUT INGREDIENTS OF SLS
Media sosial sudah menjadi hal pokok dalam penyampaian informasi, memperkenalkan produk dan adanya media sosial dapat digunakan sebagai sarana pemasaran produk kepada masyarakat khususnya konsumen. Nurayya Salon & Spa Muslimah memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran online untuk mempengarui daya beli konsumen. Sampo merupakan produk kecantikan yang dipergunakan oleh seluruh lapisan masyarakat, sampo memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan juga kebersihan rambut. Nurayya memproduksi sebuah sampo yang diberi nama Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulphate). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Intensitas akses media sosial sebagai alat pemasaran produk pada Nurayya Shampo Dandruff (2) Media sosial apa saja yang digunakan oleh Nurayya sebagai alat pemasaran produk (3) Peran media sosial bagi Nurayya untuk mempromosikan produk Nurayya Sampo Dandruff. Penelitian ini merupakan analisis kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara kepada pemilik dari Nurayya. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial adalah sesuatu yang pokok dalam melaksanakan promosi dalam media pemasaran. Media pemasaran yang digunakan dalam pemasaran produk adalah Instagram, Whatsapp, Facebook dan Fanspage dengan adanya konten dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian terhadap apa yang kita tampilkan.
Kata Kunci: Media Sosial, Media Pemasaran, Nurayya Sampo Dandruff.
Social media has become the main thing in the delivery of information, introducing products and the presence of social media can be used as a means of marketing products to the public, especially consumers. Nurayya Salon & Spa Muslimah utilizes social media as an online marketing tool to influence consumer purchasing power. Shampoo is a beauty product that is used by all walks of life, shampoo has an important role in maintaining health as well as hair hygiene. Nurayya produces a shampoo called Nurayya Sampo Dandruff without the content of SLS (Sodium Lauryl Sulphate). This study aims to determine (1) Intensity of social media access as a product marketing tool in Nurayya Shampoo Dandruff (2) What social media is used by Nurayya as a product marketing tool (3) The role of social media for Nurayya to promote Nurayya Sampo Dandruff products. This research is a qualitative analysis by taking data through interviews with the owner of Nurayya. The results showed that social media is an important thing in promoting media marketing. The marketing media used in product marketing are Instagram, Whatsapp, Facebook and Fanspage with the content that can attract consumers to make purchases of what we display .
Keywords: Social Media, Makteting Media, Nurayya Shampo Dandruff