Pengaruh Alat Permainan Edukatif Magnetic Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun
The Effect of Magnetic Puzzle Educational Game Tools on Symbolic Thinking Ability of 5-6 Years Old Children
Pengasahan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun memberi tantangan tersendiri bagi para guru untuk memberikan penunjang pembelajaran yang tepat karena banyaknya pembelajaran pengembangan berpikir simbolik anak yang hanya diterapkan dengan pengerjaan Lembar Kerja Anak (LKA). Sedangkan sangat perlu untuk menciptakan suasana belajar dengan bantuan alat permainan edukatif yang menarik bagi anak. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh alat permainan edukatif puzzle magnetik terhadap kemampuan berpikir simbolik anak. Dalam penelitian ini, desain kelompok kontrol non-ekuivalen kuantitatif digunakan bersama dengan desain penelitian eksperimen semu. Teknik observasi partisipan digunakan untuk mengumpulkan data. Kemampuan berpikir simbolik anak distimulasi dengan bermain alat permainan edukasi puzzle magnetik menggunakan teknik observasi partisipan. Terdapat 40 peserta dalam penelitian ini, yang semuanya adalah anggota kelas B. Menggunakan teknik analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairis dengan SPSS versi 25. Setelah diberi perlakuan dengan magnetic puzzle diperoleh hasil signifikansi kelompok pre test dan post test kelompok eksperimen sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Hal tersebut menandakan adanya peningkatan antara kemampuan berpikir simbolik sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan dengan magnetic puzzle.
Kata Kunci: alat permainan edukatif, puzzle, kemampuan berpikir simbolik.
Sharpening the symbolic thinking skills of children aged 5-6 years poses a challenge for teachers to provide appropriate learning support because many children's symbolic thinking development learning is only applied by working on Children's Worksheets (LKA). Meanwhile, it is very necessary to create a learning atmosphere with the help of educational game tools that are interesting for children. So this study aims to examine the effect of magnetic puzzle educational game tools on children's symbolic thinking skills. In this study, a quantitative non-equivalent control group design was used together with a quasi-experimental research design. Participant observation technique was used to collect data. Children's symbolic thinking ability is stimulated by playing a magnetic puzzle educational game using participant observation techniques. There were 40 participants in this study, all of whom were members of class B. Using non-parametric statistical analysis techniques using the Wilcoxon Matched Pairis test with SPSS version 25. After being treated with magnetic puzzles, the significance results for the pre-test and post-test groups of the experimental group were 0.000. , which is smaller than 0.05, it can be concluded that the hypothesis is accepted. This indicates an increase in the ability to think symbolic before being treated and after being treated with a magnetic puzzle.
Keywords: educational game tools, puzzles, symbolic thinking skill.