ABSTRAK
Nama : Reza Kurnia Darma
NIM : 15020154074
Program Studi : Sastra Inggris
Fakultas : Bahasa dan Seni
Universitas : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Lisetyo Ariyanti, SS., M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci: Hedges, Dosen, Pengaruh, Pragmatis
Hedges adalah sebuah kata, ungkapan, kalimat, atau bahkan nada yang digunakan untuk mengekspresikan ketidakpastian ataupun kepastian dalam kalimat yang diucapkan pembicara. Sebagai tambahan, hedges juga akan mengurangi kekuatan dari kalimat seseorang sehingga pembicara akan terlihat seperti tidak jelas atau bahkan lebih jelas. Penggunaan hedges sudah sangat biasa dalam percakapan sehari-hari baik itu dalam situasi kasual ataupun formal. Akan tetapi, menganalisis penggunaan hedges oleh dosen, seseorang yang merupakan sumber pengetahuan yang utama bagi mahasiswa akan menjadi hal yang menarik, karena tujuan dari hedges adalah untuk membuat kalimat menjadi terlihat kurang pasti. Melalui riset ini, hedges bukan hanya akan dianalisis berdasarkan tipe fan fungsinya saja, tetapi juga bagaimana reaksi mahasiswa atau pengaruh dari hedges itu terhadap mahasiswa sebagai partner berbicara dalam percakapan.
Responden dalam riset ini ada 8 orang yang merupakan dosen dari program studi sastra inggris di universitas negeri Surabaya yang cocok dan bersedia untuk menjadi responden dalam riset ini. Riset ini menggunakan kualitative deskriptif sebagai metode nya, mengingat data yang didapatkan bukan dalam bentuk urut urutan anga maupun statistik, melainkan dalam bentuk kata-kata dan ucapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam riset ini adalah observasi, bersama dengan intervierw dan kuisioner.
Semua responden menggunakan hedges yang bervariasi ketika mereka menyampaikan pelajaran di dalam kelas. Hasil dari riset menunjukkan bahwa tipe hedges yang digunakan oleh responden adalah sebagai berikut, modal auxiliaries, adjectival, adverbial, and nominal phrase, approximators of degree, quantity, frequency, and time, discourse epistemic phrases, if clauses, compound and multiple hedging, and question tags. Sedangkan untuk fungsinya, semua responden telah menyetujui bahwa mereka menggunakan hedges adalah untuk menjadi lebih sopan kepada mahasiswa, sebagai cara untuk menjadi lebih pasti, meminimalisir ancaman ke wajah dan sebagai pemicu untuk mahasiswa agar lebih aktif dalam kelas. Terlebih lagi, hasil riset menunjukkan bahwa hedges yang digunakan oleh dosen memang mempunyai pengaruh kepada mahasiswa sebagai partner bicara, yakni mereka tidak langsung percaya terhadap ucapan dosen secara langsung, tetapi mencari tahu kebenarannya terlebih dari dahulu, baik itu bertanya langsung kepada dosen, bertanya kepada sesame teman mereka, atau hanya bertanya kepada diri sendiri.
ABSTRACT
Name : Reza Kurnia Darma
Study Program : English Literature
Faculty : Language and Arts
Institution : The State University of Surabaya
Advisor : Lisetyo Ariyanti, SS., M.Pd.
Year : 2019
Keywords: Hedges, Lecturers, Impact, Pragmatics
Hedges is a word, phrase, sentence, or even tone in which used in expressing the speakers’ uncertainty or certainty in their utterances. In addition, hedges will also reduce or lessen the force of one’s utterances or statements, so that the speakers would be seen as fuzzy or even less fuzzy. The use of hedges is very common in everyday conversation, whether it is a non-formal or even formal situation. However, analyzing the use of hedges by the lecturers, who are supposed to be the prime source of information for the students will be interesting, as the purpose of the hedges is to make the sentence seems less certain. Through this study, hedges will not be only analyzed into its type and function, but also how do the students react or how do the impacts of the hedges to the students as the interlocutor.
Participants in this study are 8 lecturers of English literature study program in State University of Surabaya who are fit and gladly to be the participants of this study. This study used descriptive qualitative as its method, as the data is neither in the form of numerical or statistical, but primarily in the form of words and utterances. The data collection technique used in this study are observation, along with interview and questionnaire.
All participants had used a lot variety of hedges when they were delivering materials in the class. The result showed that the type of hedges used by the participants are the following, modal auxiliaries, adjectival, adverbial, and nominal phrase, approximators of degree, quantity, frequency, and time, discourse epistemic phrases, if clauses, compound and multiple hedging, and question tags. While as for the function, all the participants had believed that they used hedges in order to be polite to the students, as ways of being more precise, to minimize threat to face and as a trigger for the students to speak more in the class. Moreover, the study result showed that the hedges used by the lecturers indeed have impact to the students as the interlocutor, which is they did not believe in their lecturers’ words immediately but seek for the truth, be it directly by asking the lecturers, asking their friends, or just asking themselves.