PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOTION GRAPHIC PADA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMK PANCASILA DANDER
THE EFFECT OF USING MOTION GRAPHIC MEDIA ON NEGOTIATING TEXT LEARNING IN CLASS X OF SMK PANCASILA DANDER
Media audio visual merupakan salah satu media yang memiliki kombinasi audio dan visual (pandang-dengar). Media audio visual yang kita teliti adalah motion graphic yang dapat menyajikan bahan ajar kepada siswa secara lengkap dan optimal. Motion graphic mengandung ilustrasi materi pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk memahami maksud dan tujuan dari kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti memilih teks negoisasi sebagai materi pembelajaran dengan media motion graphic. Teks negoisasi merupakan teks yang sering digunakan di lingkungan sekitar. Sehingga perlu kita sajikan contoh teks negoisasi yang baik dan benar dalam bentuk motion graphic agar siswa memiliki tingkat minat belajar yang tinggi, aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan bayangan penerapan teks negoisasi. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu, 1) mendeskripsikan penggunaan media motion graphic pada pembelajaran teks negosiasi kelas X di SMK Pancasila Dander,; 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media motion graphic pada pembelajaran teks negosiasi,; 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan media motion graphic pada pembelajaran teks negosiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi guru dan siswa, pretes dan postes,. Peneliti menggunakan tiga instrumen, yaitu observasi, tes, dan angket.
Audio-visual media is one of the media that has a combination of audio and visual (sight-hear). The audio-visual media we examine is motion graphics, which can present students with complete and optimal teaching materials. Motion graphics contain illustrations of learning material that can make it easier for students to understand the intent and purpose of learning activities. The researcher chose negotiating text as learning material using motion graphic. Negotiation text is a text that is often used in the surrounding environment. So we need to provide examples of good and correct negotiating texts, so that students have a high level of interest in learning, are active in learning activities, and imagine the application of negotiating texts. The objectives : 1) to describe the use of motion graphic media in learning negotiating texts in class X SMK Pancasila Dander; 2) to describe student learning outcomes using motion graphic media in negotiating text learning; 3) to describe students responses to the application of motion graphic media in negotiating text learning. The type of research used is descriptive quantitative. The data collection technique used teacher and student observation sheets, a pretest and a posttest. Researchers used three instruments, namely observation, tests, and questionnaires.