VIDEO PEMBELAJARAN FEATURE MATERI E-BOOK KELAS X MULTIMEDIA SMKN 10 SURABAYA
FEATURE BASED VIDEO FOR LEARNING MATERIALS OF E-BOOK CLASS X-MULTIMEDIA AT STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL 10 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran feature sebagai media pembelajaran pada materi menganalisis pembuatan e-book mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X SMKN 10 Surabaya. Model pengembangan yang dipilih adalah model pengembangan menurut Warsita dengan 3 tahap besar, yaitu (1) tahap perancangan, (2) tahap produksi, dan (3) tahap evaluasi. Akan tetapi karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, langkah uji lapangan dan reproduksi & penyebaran pada tahap evaluasi tidak dilakukan oleh penulis. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu teknik observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket terbuka berupa lembar validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa media termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran feature layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi menganalisis pembuatan e-book mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X Multimedia SMKN 10 Surabaya.
This study aims to determine the feasibility of learning feature videos in learning materials of analyzing the making of e-books for simulation and digital communication cources class X Multimedia at State Vocational High School 10 Surabaya. The development models which choose is Warsita development models with 3 major phases: (1) Design Phase, (2) Production Phase, and (3) Evaluation Phase. However due to unfavorable situations and conditions, the developer did not undertake the field testing and reproduction & dissemination steps at the evaluation phase. However due to unfavorable situations and conditions, the developer did not undertake the field testing and reproduction & dissemination steps at the evaluation phase. The data collection methods used by developer is interview and observation techniques. This research instrument used an open questionnaire in the form of material expert and media expert validation sheets. The results of the material expert and media expert validation show that the media is included in the very feasible category. Based on these results, this study shows that learning feature videos is suitable for use as media in the learning materials of analyzing the making of e-books for simulation and digital communication cources class X Multimedia at State Vocational High School 10 Surabaya.