Multimedia interaktif diperlukan sebagai bahan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan (validitas, kepraktisan, dan efektivitas) multimedia interaktif pada materi ikatan ion. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Development (Pengembangan) adaptasi dari Ibrahim (2014). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi media, lembar angket respon peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas isi dan validitas konstruk secara berturut memperoleh kriteria Sangat Valid dengan rata-rata persentase sebesar 90% dan 91,04%; (2) Kepraktisan meliputi ditinjau melalui angket respon dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik diperoleh rentang nilai presentase sebesar 66,67%-100% dengan kategori praktis dan sangat praktis. Sedangkan, dari hasil angket respon peserta didik diperoleh rentang nilai presentase antara 66,67%-100% dengan kategori praktis dan sangat praktis; (3) Efektivitas meliputi tes hasil belajar peserta didik. Dalam tes hasil belajar diperoleh N-gain dengan rentang 0,8-1 dengan kriteria skor tinggi.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, Kelayakan, Ikatan Ion
Interactive multimedia is needed to improve student's understanding of certain material. The purpose of this study is to analyze the feasibility (validity, practicality, and effectiveness) of interactive multimedia on ionic bonding material. The type of research used in this study is 4P (Define Design, Develop, dan Disseminate) research model, but in this case limited only Develop step or using 3P research model which adapted from Ibrahim (2014). The instruments used in this study are the contents and construct validation sheets, student response sheets, student activity observation sheets, and the students learning outcome sheet. The results showed that: (1) The content validity and construct validity obtained Highly Valid criteria with average percentage range between 90% -91,04 %; (2) Practicality includes the activities and responses of students. In the activity obtained practice and very practical criteria with a percentage range of 66.67% -100%. In the students response, practice and very practical criteria were obtained with a percentage range of 66.7% -100%; (3) Effectiveness includes tests of student learning outcomes. In the learning outcomes test, all students getting the N-gain value with a range of 0.8-1 with the gain score criterion is at high criteria
Keywords: Interactive Multimedia, The Feasibility, Ionic Bond