PENGARUH VARIASI TEMPERATUR DALAM PROSES PWHT PENGELASAN SMAW UNTUK MATERIAL BAJA SS400 TERHADAP NILAI KEKUATAN TARIK DAN KEKUATAN IMPAK
THE EFFECT OF TEMPERATURE VARIATIONS IN THE PWHT SMAW WELDING PROCESS FOR SS400 STEEL MATERIAL ON THE VALUE OF TENSILE STRENGTH AND IMPACT STRENGTH
Arm Engine merupakan bagian yang menghubungkan roda belakang dengan rangka pada motor dan terpasang diantara rangka mesin. Material untuk arm engine sepeda motor sendiri adalah baja karbon rendah SS400. Untuk memproduksi arm engine, proses pengelasan sangat diperlukan. Baja karbon rendah dapat menggunakan pengelasan SMAW. Pada proses pengelasan SMAW ini menyebabkan tegangan sisa yang dapat merubah sifat mekanik dari material. Untuk mengurangi tegangan sisa dan memperbaiki sifat mekanik setelah proses pengelasan maka dapat dilakukan dengan metode PWHT (Post Welding Heat Treatment) yang bertujuan untuk mencari pengaruh variasi temperatur pada proses PWHT terhadap nilai kekuatan tarik dan kekuatan impak.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan memvariasikan temperatur dalam proses PWHT pengelasan SMAW pada material baja SS400, selanjutnya masing-masing variabel akan diuji tarik dan uji impak. Uji tarik sendiri bertujuan untuk mengukur kekuatan meregang dari spesimen sebelum patah, sedangkan untuk uji impak sendiri bertujuan untuk mengukur kemampuan material untuk menahan retakan atau patah (ketangguhan). Spesimen yang sudah diuji tarik dan uji impak kemudian akan dianalisa pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas meliputi tanpa proses PWHT, dengan proses PWHT temperatur 800°C, dan dengan proses PWHT temperatur 850°C.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada variasi temperatur dalam proses PWHT terhadap nilai kekuatan tarik dan kekuatan impak pengelasan material baja SS400. Variasi tanpa PWHT memiliki niai kekuatan tarik paling besar dengan nilai 456,44 MPa dan variasi temperatur 850°C memiliki nilai kekuatan tarik paling rendah dengan nilai 411,67 MPa. Sedangkan untuk nilai kekuatan impak paling besar yaitu variasi temperatur 850°C dengan nilai 0,691 J/mm2 dan variasi tanpa PWHT memiliki nilai kekuatan impak paling rendah dengan nilai 0,445 J/mm2.
Kata kunci : Baja SS400, Arm Engine, Variasi Temperatur, PWHT,
Uji Tarik, dan Uji Impak.
The Arm Engine is a component that connects the rear wheel to the frame of a motorcycle and is mounted between the engine frame. The material used for the motorcycle's arm engine is low carbon steel SS400. Welding is a crucial process in the production of the arm engine, and low carbon steel can be welded using Shielded Metal Arc Welding (SMAW). The SMAW welding process induces residual stress that can alter the mechanical properties of the material. To reduce residual stress and improve mechanical properties after the welding process, Post Welding Heat Treatment (PWHT) can be applied. PWHT aims to investigate the influence of temperature variations during the PWHT process on tensile strength and impact strength.
This research employs an experimental method by varying the temperature during the PWHT process of SMAW welding on SS400 steel material. Subsequently, each variable will undergo tensile and impact tests. Tensile testing aims to measure the tensile strength of specimens before fracture, while impact testing aims to assess the material's ability to resist cracking or fracturing (toughness). Specimens subjected to tensile and impact tests will then be analyzed for the influence of independent variables on dependent variables. Independent variables include no PWHT process, PWHT process at 800°C, and PWHT process at 850°C.
Based on the research findings, it can be concluded that there is an influence of temperature variations during the PWHT process on the tensile strength and impact strength of SS400 steel welding. The variation without PWHT has the highest tensile strength with a value of 456.44 MPa, while the variation at 850°C has the lowest tensile strength with a value of 411.67 MPa. As for impact strength, the variation at 850°C has the highest value at 0.691 J/mm², and the variation without PWHT has the lowest impact strength with a value of 0.445 J/mm².
Keywords : SS400 Steel, Arm Engine, Temperature Variation,
PWHT, Tensile Test, and Impact Test.