PENGARUH STRATEGI MOVIE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS X SMA IPIEMS SURABAYA
THE EFFECT OF MOVIE LEARNING STRATEGIES ON MOTIVATION FOR LEARNING HISTORY CLASS X SMA IPIEMS SURABAYA
ABSTRAK
Nama : Lailia Noor Ni’mah
NIM : 17040284006
Program Studi : S1 Pendidikan Sejarah
Jurusan : Pendidikan Sejarah
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Movie Learning terhadap motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X SMA IPIEMS Surabaya pada semester genap tahun 2023/2024. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain pre-eksperimen jenis One Shot Case Study dengan sampel kelas X-Merdeka 1 yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, post-test, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi Movie Learning mencapai 71% (kategori Baik). Hasil post-test menunjukkan penilaian sebesar 75% (kategori Baik). Nilai Sig sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan nilai Thitung 5.533 lebih besar dari Ttabel 2.045, menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kedua variabel. Koefisien korelasi product moment sebesar 0,718 dengan tingkat signifikasi 0,00 menunjukkan hubungan yang kuat. Model summary R Square sebesar 0,515 berarti variabel strategi Movie Learning mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 51,5%, dengan 48,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, strategi Movie Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebesar 51,5%.
Kata Kunci : Pengaruh, Movie Learning, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah
SMA IPIEMS SURABAYA
The study aims to find out the impact of Movie Learning on the learning motivation of students of the X class of IPIEMS Surabaya High School in the full semester of 2023/2024. This quantitative research uses a pre-experimental design of the type One Shot Case Study with a sample of X-Free class 1 selected purposively by sampling. Data was collected through observations, lifts, post-tests, and interviews. Data analysis is done with a simple linear regression test. The results of the study showed that the implementation of learning with Movie Learning strategy reached 71% (category Good). Post-test results showed a score of 75% (kategori Baik). A Sig value of 0.00 is smaller than 0.05 and a Thitung value of 5.533 is larger than Table 2.045, indicating a significant relationship between the two variables. A product moment correlation coefficient of 0.718 with a significance level of 0,00 indicates a strong relationship. The R Square summary model of 0.515 means that the Movie Learning strategy variable affects student learning motivation by 51.5%, with 48.5% being influenced by other variables not studied. Thus, the Movie Learning strategy can increase student learning motivation by 51.5%.
Keywords : The effect, Movie Learning, Learn Motivation, History Education