PERANCANGAN PROMOSI UMKM ALPUKAT KOCOK AVOCADOS
BERBASIS MEDIA SOCIAL DAN E-COMMERCE
Abstrak
Avocados merupakan UMKM yang sudah ada sejak 2021 di Surabaya, avocados menjual alpukat kocok dan beberapa varian yang disajikan dengan bahan dasar alpukat. Melalui perkembangan teknologi di zaman sekarang, banyak UMKM yang menggunakan media sosial dan e-commerce sebagai platform pemasaran untuk menarik daya beli konsumen. Avocados sendiri sudah beroperasi 1 tahun lebih, namun sayangnya avocados belum menunjukan peningkatan yang signifikan, promo dan iklan yang diberikan melalui media sosial cenderung passive. Oleh karena itu peneliti membuat perancangan promosi melalui beberapa media social dan aplikasi e-commerce untuk. Dalam membuat perancangan ini peneliti menggunakan jeni penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Iklan dan promosi tersebut nantinya akan di upload melalui media sosial dengan berisikan beberapa macam konten seperti video, foto, dan quiz, dan menggunakan teknik analisis SWOT. Sedangkan untuk promo e-commerce avocados menggunakan promo diskon. Dengan adanya media social dan aplikasi e-commerce di harapkan dapat mempermudah dari sisi penjual dan pembeli. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pangsa pasar avocados menjadi semakin luas dengan adanya promosi melalui media sosial dan e-commerce, pembelian menjadi lebih mudah dan efisien selain itu, keterlibatan pihak perantara seperti kurir juga menunjukan dampak positif dari pemaksimalan media sosial dalam proses bisnis khususnya promosi produk kuliner.
Kata Kunci: Perancangan, Media Sosial, UMKM, Aplikasi e-commerce
Abstract
Avocados is small business that has existed since 2021 in Surabaya avocados sells whipped avocados and several variants served with avocado-based ingredients. Through today's technological developments, many small business use social media and e-commerce as marketing platforms to attract consumer purchasing power. avocados itself has been operating for more than 1 year, but unfortunately avocados has not shown a significant increase, promos and advertisements provided via social media tend to be passive. Therefore researchers make promotional designs through several social media and e-commerce applications for. In making this design, researchers used qualitative research using observation, documentation and interview methods as data collection methods. These advertisements and promotions will later be uploaded via social media containing several types of content such as videos, photos and quizzes, and using the SWOT analysis technique. As for the avocados e-commerce promo, it uses a discount promo. With social media and e-commerce applications, it is hoped that it will make it easier for sellers and buyers. The results of the study show that avocados market share is becoming wider with promotions through social media and e-commerce, purchases become easier and more efficient besides that, the involvement of intermediaries such as couriers also shows a positive impact from maximizing social media in business processes, especially product promotion culinary.
Keywords: Design, Social Media, small business, e-commerce applications