Penelitian pengembangan ini menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Kelas XII semester genap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan LKPD, kelayakan LKPD, dan respon peserta didik kelas XII OTKP di SMKN Mojoagung terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan R&D (Research & Development), dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk dan penelitian ini juga tidak melalui tahap eksperimen. Penelitian ini diujicobakan pada 20 orang peserta didik kelas XII OTKP 1 di SMKN Mojoagung, dengan hasil respon peserta didik memperoleh skor sebesar 79,6%.. Hasil dari validasi kelayakan LKPD secara keseluruhan memperoleh skor 77,9%, dengan validasi materi sebesar 77%, validasi grafis 83,8%, dan validasi bahasa 72,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis kontekstual pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian semester genap kelas XII OTKP di SMK Negeri Mojoagung layak digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), kontekstual, model pengembangan 4-D.
This development research produce a student worksheets (LKPD) based on contextual on the subject automation in the management second semester. The purpose of this research are to know the development process of student worksheet, feasibility of student worksheet, and response from students class XII OTKP in SMK Negeri Mojoagung of student worksheet that has been developed. The research use R&D (Research & Development), with 4-D development model from Thiagarajan that have four stages are define, design, develop, disseminate. Disseminate stage wasn’t included, the research to develop a product and the research too didn’t include the experimental stage. The research is tested to 20 students of XII OTKP 1 in SMK Negeri Mojoagung, with result of response from student got score of 79,6%. The validation result of student worksheet feasibility overall got score of 77,9%, with the validation of the material got score of 77%, the validation of the graphic got score of 83,8%, and the validation of the linguist got score of 72,9%. Therefore, can be concluded student worksheets (LKPD) based on contextual on the subject automation in the management second semester of Class XII OTKP at SMK Negeri Mojoagung was declared feasible to be used as teaching materials and learning resources for students in the learning process.
Keyword: student worksheets (LKPD), contextual, 4-D evelopment model.