Perilaku bullying yang dilakukan siswa diakibatkan rendahnya pemahaman mereka tentang bullying serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis pre-eksperimental design dengan model pre-test dan post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP yang mempunyai pemahaman perilaku bullying rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman perilaku bullying. Metode analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan hasil sebelumdan sesudah perlakuan dimana Asymp. Sig lebih kecil dari 0,05 (0,028 < 0,05) sehingga Ho ditolak. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan pemahaman tentang perilaku bullying pada siswa kelas 8 SMP.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pemahaman Perilaku Bullying
Bullying behavior which was carried out by students due to their low understanding about bullying and the bad impact it has on. The aim of this research was to improve the understanding of bullying behavior in students. This research was a kind of pre-experimental design with pre-test and post-test one group design. The subjects in this study were six students of 8th grade who had a low understanding of bullying behavior. Data collection tools used in this study were questionnaires for understanding bullying behavior. The data analysis method used Wilcoxon statistical test. The results of hypothesis testing showed differences in results before and after treatment where Asypm. Sig was smaller then 0,05 (0,028 < 0,05) so Ho was rejected. The results of this study are group guidance of discussion techniques can improve understanding of bullying behavior in 8th grade students of junior high school.
Key words : Group guidance, Discussion technique, Understanding of bullying behavior