Peran Orang Tua Dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini di Dusun Ringin Desa Tlogorejo Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan
The Role Of Parents In Introducing Digital Literacy To Early Childhood In Village Tlogorejo, Districk Sukodadi, Lamongan
PERAN ORANG TUA DALAM MENGENALKAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA DINI DI DUSUN RINGIN DESA TLOGOREJO KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN
Nama : Muhamad Ansori Ghozali
NIM : 19010034080
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Rivo Nugroho, S.Pd., M.Pd
Pendidikan anak dapat didukung oleh teknologi karena banyaknya peluang dan tantangan yang dihadirkan oleh media digital dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung tumbuh kembang anak, orang tua dapat memilih tempat untuk menggunakan literasi digital saat mendidik anak-anak mereka, agar dapat membimbing anak dengan aman saat menggunakan media digital, orang tua dalam hal ini harus berperan sebagai mentor atau mediator aktif. Orang tua memiliki peran penting dan esensial dalam perkembangan anak karena mereka memberi anak pengalaman yang mereka miliki. peran orang tua terhadap literasi digital pada anak usia dini dan upaya yang dilakukan untuk mendukung orang tua dalam mengenalkan, membimbing anak menggunakan media digital dan penggunaan literasu digutal untuk anak-anak dalam perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan metode penulisan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi pastisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diuji keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, member chek, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Maka dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini yaitu pendampingan pengelolaan orang tua dalam mengenalkan literasi digital memiliki beberapa hasil pola pendampingan yaitu peningkatan jumlah dan ragam sumber belajar yang berkualitas, memperluas akses sumber belajar bermutu dan cakupannya.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Literasi Digital, Anak Usia
THE ROLE OF PARENTS IN INTRODUCING DIGITAL LITERACY TO EARLY CHILDHOOD
IN VILLAGE TLOGOREJO,
DISTRICK SUKODADI,
LAMONGAN
Name : Muhamad Ansori Ghozali
Stud Program : S-1
Major : Non-Formal Education
Faculty : Fakultas Ilmu Pendidikan
University : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Rivo Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Children's education can be supported by technology because of the many opportunities and challenges presented by digital media can be used as a means to support children's growth and development, parents can choose where to use digital literacy when educating their children, in order to safely guide children when using digital media, parents, in this case, must act as active mentors or mediators. Parents have an important and essential role in child development because they give children the experience they have. The role of parents towards digital literacy in early childhood and the efforts made to support parents in introducing, and guiding children to use digital media and the use of digital literacy for children in early childhood development. This research uses a qualitative approach with a descriptive writing method. Data collection techniques in this study were using in-depth interview methods, participatory observation, and documentation. The results of this study were tested for data validity using source triangulation, technique triangulation, member check, transferability test, dependability test, and confirmability test. So it can be concluded that the results of this study, namely parental management assistance in introducing digital literacy, have several results of assistance patterns, namely increasing the number and variety of quality learning resources, and expanding access to quality learning resources and their scope.
Keywords: The Role of Parents, Digital Literacy, Early Childhood