PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA TEXT BAHASA JERMAN
USE OF MIND MAPPING METHOD FOR GERMAN TEXT READING SKILLS
Artikel imiah ini ditulis karena terdapat fenomena banyaknya peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Jerman menjadi pendorong untuk artikel ini. Kurangnya minat peserta didik dalam membaca dan kosakata biasanya menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan membaca mereka. Metode Mind Mapping adalah salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka. proses pembelajaran membaca bagi peserta didik dengan menggunakan strategi baru dan menarik. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) seberapa baik peserta didik mampu memahami teks bahasa Jerman sebelum menerapkan strategi Mind Mapping; 2) seberapa baik peserta didik mampu memahami teks bahasa Jerman setelah menggunakan strategi Mind Mapping; dan 3) seberapa besar strategi Mind Mapping mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap teks bahasa Jerman. Untuk mencapai tujuan ini, digunakan metode berdasarkan tinjauan pustaka dengan berbagai sumber. Dapat disimpulkan bahwa strategi Mind Mapping dapat membantu orang membaca teks bahasa Jerman dengan lebih baik. Teknik Mind Mapping harus digunakan oleh guru untuk mengajar bahasa Jerman agar peserta didik dapat membaca teks.knya menerapkan strategi Mind Mapping pada pembelajaran bahasa Jerman, agar kemampuan membaca teks.
This research is basically motivated by the large number of students reading German texts. The ability to read is an important capital for a person's personal life both in the school environment and outside the school environment. Because by reading someone can add new vocabulary and insights. This research is one way to find out how to use mind mapping for German reading skills for students. To achieve this goal, a literature study method is used. The use of the literature study method here is to find out in general the indicators used in mind mapping mapping in order to improve students' reading skills. The results obtained in this study are that the mind mapping method is better applied after reading the text, this is because the making of mind mapping after reading the text can provide a global understanding so that it can help make mind mapping, besides the ideas obtained by students when finished reading can help to organize the making of mind mapping.