Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang diawali dengan penelitian pengembangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan proses dan hasil dari perangkat pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi segiempat di kelas VII yang berkualitas baik (2) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi segiempat di kelas VII. (3) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segiempat kelas VII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4D. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB).
Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII . Dari delapan kelas yang ada, diambil dua kelas yang digunakan sebagai sampel. Dua kelas dipakai sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pemilihan kelas untuk uji coba, dilakukan pada satu kelas yang lain. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan pada kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang baik karena dinyatakan baik dan valid oleh para validator serta memenuhi syarat: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran efektif, (3) ketuntasan belajar secara klaiskal tercapai, (4) respon siswa terhadap komponen belajar positif, (5) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitive, sehingga tidak perlu dilakukan revisi lagi pada tahap uji coba.
Sedangkan hasil penelitian pada kelas eksperimen berdasarkan analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) efektif untuk digunakan dalam mengajarkan materi segiempat. Hal ini dikarenakan syarat-syarat keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) telah terpenuhi, antara lain: (1) Ketuntasan belajar secara klasikal ≥ 80%, (2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memenuhi kriteria minimal baik,(3) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran memenuhi kriteria baik, (4) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif. Sedangkan berdasarkan analisis statistik inferensial dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional untuk materi segiempat di kelas VII.
This research is an experimental research that begins with development research. The objectives of this study are (1) To explain the process and results of cooperative learning tools of the student team achievement division (STAD) type in quadrilateral material in class VII of good quality (2) Describe the effectiveness of cooperative learning type student team achievement division (STAD) in quadrilateral material in class VII. (3) find out whether the learning outcomes of students who are taught using STAD type cooperative learning are better than the learning outcomes of students who are taught using conventional learning in quadrilateral class VII material. Development of learning tools is done using the 4D model. The resulting learning tools include: (1) Learning Implementation Plan (RPP), (2) Student Worksheet (LKS), and Learning Outcomes Test (THB).
The population and sample from this study were students of class VII. Of the eight classes, two classes were taken as samples. Two classes are used as the experimental class and the control class. Whereas the selection of classes for testing is carried out in one class to another. In the experimental class the cooperative learning treatment type Student Teams Achievement Divisions (STAD) was given and the control class was given the conventional learning treatment.
Based on the results of the device trial, a good type of Student Teams Achievement Divisions (STAD) cooperative learning tools were obtained because they were declared good and valid by the validators and fulfilled the following requirements: (1) the teacher's ability to manage learning with good criteria, (2) student activities in the learning process effective, (3) completeness of classical learning is achieved, (4) students' responses to the positive learning component, (5) learning achievement tests meet valid, reliable, and sensitive criteria, so there is no need to revise again at the trial stage.
While the results of research in the experimental class based on descriptive analysis results show that the cooperative learning model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) is effective for use in teaching quadrilateral. This is because the requirements for the effectiveness of cooperative learning types of Student Teams Achievement Divisions (STAD) have been met, including: (1) Completion of classical learning ≥ 80%, (2) The ability of teachers to manage learning meets the minimum criteria both, (3) Student activities during the learning process meet both criteria, (4) Student responses to learning are positive. While based on inferential statistical analysis it can be concluded that the learning outcomes of students who take cooperative learning types of Student Teams Achievement Divisions (STAD) are better than the learning outcomes of students who take conventional learning for quadrilateral material in class VII.