PENERAPAN METODE SCHNELL FINDEN UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 11 SURABAYA
AYU NOVITASARI
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Surabaya
ayunovita448@gmail.com
Dra. Fahmi Wahyuningsih, M.Pd.
Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni
ABSTRAK
Penelitian dengan judul “Penerapan Metode Schnell Finden Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA N 11 Surabaya” ini berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan yaitu kurangnya minat untuk menulis Bahasa Jerman dengan baik dan benar siswa kelas XI SMAN 11 Surabaya. Metode pembelajaran saat ini sudah sangat banyak untuk membantu memudahkan pemahaman dalam pembelajaran bahasa asing. Dalam rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan menulis menggunakan metode Schnell Finden”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Schnell Finden dalam pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman siswa kelas XI Sman 11 Surabaya. Terkait dengan tujuan penelitian tersebut penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah dalam proses penerapan metode Schnell Finden pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan subtema Familie diambil dari buku Lembar Kerja Siswa. Dalam penelitian ini jenis penelitian adalah observasi setelah mengumpulkan data melalui observasi pada saat observasi di dokumentasikan untuk mengetahui langkah-langkah metode tersebut. Dalam penelitian ini metode tersebut di harap mampu membantu keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Jerman siswa kelas XI SMA.
Kata Kunci : Metode, Schnell Finden, Keterampilan Menulis
IMPLEMENTATION OF SCHNELL FINDEN METHOD FOR WRITING SKILLS IN GERMAN LANGUAGE GRADE XI STUDENTS SMAN 11 SURABAYA
Abstract
Research with the title "Application of Schnell method Finden for the writing skills of German students grade XI SMA N 11 Surabaya" is based on the results of the interview that has been done is a lack of interest to write the German language with good and true students Class XI SMAN 11 Surabaya. Current learning methods have been very much to help facilitate understanding in foreign language learning. In the formulation of the problem this research is "how the implementation of learning skills of writing using the Finden Schnell method". The purpose of this study is to describe the application of the method Schnell Finden in the learning skills of writing German language grade XI students of Surabaya. Related to the research purpose this research is a qualitative research. The results gained in this study were in the process of implementing the Finden Schnell method at the first meeting and the second meeting. The data source in this study is with the Familie subtheme taken from the student worksheets book. In this research study type is observation after collecting data through observation at the time of observation in document to know the steps of the method. In this research method in the hope is able to help writing skills in German language learning XI high school students.
Keywords: method, schnell finden, writing skills