Fihayati, Zuyyina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V Di Mi Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Muhari dan (II) Prof. Dr. Warsono, M.S.
Kata-kata Kunci :
Pembelajaran berbasis masalah, regulasi diri, hasil belajar.
Hasil belajar yang optimal dapat dicapai salah satunya melalui kemampuan siswa untuk mengatur dirinya dalam kegiatannya dan menyelesaikan permasalahannya sendiri. Siswa perlu, untuk mampu mengorganisir dirinya sehingga dengan kondisi yang seperti itu, mereka mampu menjalani dan bahkan bisa mencapai hasil yang optimal. Di dalam proses belajar, seseorang akan memperoleh hasil belajar yang baik bila menyadari, bertanggung jawab dan mengetahui cara belajar yang efisien. Hal ini tentu membutuhkan pengaturan diri yang baik pada siswa atau dengan kata lain, regulasi diri pada siswa dan problem solving. Rumusan masalah penelitian ini 1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar PKN kelas V dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan yang menggunakan Pembelajaran Ceramah di MI Muhammadiyah kabupaten Sidoarjo ?, 2) apakah terdapat perbedaan hasil belajar PKn pada anak kelas V yang Mempunyai regulasi diri tinggi dan anak yang mempunyai regulasi rendah ?, 3) apakah ada interaksi penerapan pembelajaran dan Regulasi Diri berpengaruh terhadap hasil belajar PKn kelas V di MI Muhammadiyah kabupaten Sidoarjo ?. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif dengan jenis True Experimental dengan menggunakan populasi siswa kelas 5 MI Muhammadiyah di Kabupaten Sidoarjo dengan sampel 49 siswa dari MIM 2 Kedungbanteng sebagai kelas eksperimen dan MIM 3 Penatarsewu sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan Anova 2 jalur dengan hasil 1) Terdapat perbedaan hasil belajar PKN kelas V dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan yang menggunakan Pembelajaran Ceramah di MI Muhammadiyah kabupaten Sidoarjo. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar PKn pada anak kelas V yang Mempunyai regulasi diri tinggi dan anak yang mempunyai regulasi rendah.3) Ada interaksi penerapan pembelajaran dan Regulasi Diri berpengaruh terhadap hasil belajar PKn kelas V di MI Muhammadiyah kabupaten Sidoarjo.
The Effect of Problem Based Learning Model and Self Regulation to the PKn Learning Outcomes of V graders at MI Muhammadiyah Sidoarjo.
Keywords:
Problem-based learning, self-regulation, learning outcomes.
Optimal learning results can be achieved either through the student's ability to regulate theirselves in its activities and resolve its problems. Students need to be able to organize theirselves so that the conditions happened; they were able to live and could even achieve optimal results. In the process of learning, a person will obtain good learning results when realized, responsible and know how to learn efficiently. This of course requires a good self-regulation in students or in other words, self-regulation in students and problem solving. The research problems are 1) Are there differences in PKn learning outcomes of V graders by using Model- Problems Based Learning at MI Muhammadiyah Sidoarjo?, 2) Are there differences in PKn learning outcomes at V graders who have high self-regulation and low self regulation?, 3) is there an interaction of the learning and self regulation application to PKn learning outcomes of V graders in MI Muhammadiyah Sidoarjo?. The method was used the quantitative study, with True Experimental type using 5 graders of MI Muhammadiyah in Sidoarjo student as the population. The sample of the research was 49 students of MIM 2 Kedungbanteng as an experimental class and MIM 3 Penatarsewu as control class. The analysis data was used Anova 2 lines with the result 1) There are differences in PKN learning outcomes of V graders using Problem Based learning Model at MI Muhammadiyah Sidoarjo. 2) There are differences in PKn learning outcomes of V graders who have high self-regulation and low self regulation. 3) There is interaction of the learning and self regulation apllication to PKn learning outcomes of V graders in MI Muhammadiyah Sidoarjo.