PENGARUH PENGGUNAAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINTIFIK SISWA PADA MATERI EVOLUSI
THE EFFECTS OF USING VIRTUAL LABORATORY ON STUDENT SCIENTIFIC LITERACY SKILLS IN EVOLUTION MATERIAL
Penggunaan virtual laboratory dalam pembelajaran bertujuan menaikkan kualitas pendidikan indonesia, khusunya dalam mengatasi tingkat kemampuan literasi saintifik dinilai masih lemah. Virtual laboratory menyedian simulai interaktif yang memungkinkan siswa untuk mengamati dan berpatisipasi secara langsung, memperkuat pemahaman konteks saintifik. Dibidang biologi terutama materi evolusi penting untuk membedakan antara fakta ilmiah yang didukung oleh bukti dan opini yang mungkin tidak memiliki dasar ilmiah. Dengan menggunakan metode campuran mix method dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan virtual laboratory terhadap kemampuan saintifik siswa dalam materi evolusi. Digunakan uji hipotesis dan uji N Gain. Dilakukan uji pra syarat uji normalitas shapirowilk dan uji homogenitas levene test dengan bantuan spss hasil penilitian menunjukkan nilai t hitung 4,810 dengan singifikansi 0,000 dan nilai t tabel 2,101 dari df 18, pada taraf signifikansi 0,05. dengan demikian H0 ditolak sementara H1 alternatif diterima dengan nilai N Gain kelas eksperimen sebesar 0,53 yang termasuk kategori tinggi sedangkan kelas kontrol memiliki nilai N Gain sebesar 0,05 termasuk kedalam kategori rendah maka dapat disimpulkan bahaa penggunaan virtual laboratory dalam pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi saintifik siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan lab vitamin memiliki kemampuan literasi saintifik yang lebih baik . Secara keseluruhan penelitian bahwa menggunakan lab virtual memberikan dampak yang positif terhadap kemampuan literasi saintifik siswa.
The use of virtual laboratories in Indonesian education aims to enhance scientific literacy skills, particularly in biology, by providing interactive simulations for students to engage in experiments and grasp scientific concepts. Using mixed research methods, including hypothesis and N Gain tests. Prerequisite tests were carried out, namely the Shapiro Wilk normality test and homogeneity test Levene test with the help of SPSS. The study found a significant improvement in students scientific abilities with the use of virtual labs. The calculated t value 4.810 surpassed the t table value 2.101, leading to the rejection of the null hypothesis and acceptance of the alternative hypothesis. Furthermore, the N Gain value of the experimental class 0.53 indicated high improvement compared to the control class 0.05. These findings affirm the effectiveness of virtual laboratories in enhancing students scientific literacy skills, highlighting the positive impact of such tools on education.