ABSTRAK
Pengaruh Penggunaan Buku Teks 《华语》terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 1 Puri Mojokerto
Nama : Fitri Kinanti
NIM : 15020774064
Prodi : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Fakultas : Bahasa dan seni
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.
Tahun : 2019
Kata Kunci : Bahasa Mandarin, Buku Teks《华语》, Kemampuan Membaca Pemahaman
Bahasa bukan hanya merupakan alat komunikasi namun juga dapat menjadi penghubung dikarenakan setiap negara memiliki bahasanya masing-masing. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan selain mata pelajaran bahasa Indonesia juga sudah terdapat mata pelajaran bahasa asing seperti contohnya bahasa Mandarin. Meskipun sudah terdapat mata pelajaran bahasa Mandarin di sekolah-sekolah tetapi buku teks yang digunakan masih tidak sesuai dengan kriteria buku teks yang baik. Oleh karena itu pemilihan bahan ajar sangat penting. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran harus memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Seperti contohnya di dalam buku teks bahasa Mandarin harus terdapat hanzi dan pinyin karena hanzi merupakan aksara China asli yang harus diketahui siswa dan pinyin merupakan alat bantu siswa untuk mengetahui bunyi hanzi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan buku teks《华语》dalam proses pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin, menjelaskan pengaruh penggunaan buku teks 《华语》, dan menjelaskan respon siswa terhadap penggunaan buku teks 《华语》.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode eksperimental. Pendekatan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental design dengan bentuk pre-test post-test control group design. terdapat dua test yaitu pre-test sebelum diberi perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Data yang digunakan merupakan hasil pre-test dan pos-test selama penelitian berlangsung. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik angket.
Analisis data observasi yang dilakukan oleh observer memperoleh hasil 80,26% (sangat baik) untuk kelas kontrol dan 81,57% (sangat baik) untuk kelas eksperimen. Dengan demikian penggunaan buku teks 《华语》 dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin “Sangat Baik”. Pada analisis data diperoleh hasil t0 = 6,388 dan db = 41, kemudian dikonsultasikan dengan melihat tabel taraf 5%. Dengan harga t0 = 6,388 dan db = 41 , maka diketahui bahwa ts = 0,05 = 2,00 menunjukkan t lebih besar dari t-tabel (2,00 < 6,388). Hal tersebut berarti harga t0 signifikan. Dengan demikian, dari analisis hasil belajar siswa terbukti pengaruh penggunaan buku teks《华语》 memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan buku teks 《华语》dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan buku teks dari sekolahan, berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa mengenai pengaruh penggunaan buku teks 《华语》diperoleh 86,25%. Dengan demikian terbukti bahwa buku teks 《华语》sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa bahasa Mandarin.
ABSTRACT
The influence of using the text book 华语 on the 10 grade student of SMAN 1 PURI MOJOKERTO reading ability in understanding chinese language.
Name : Fitri Kinanti
Student Number : 15020774064
Collage Majors : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Faculty : Bahasa dan Seni
University : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd.
In the Year : 2019
Key word : Chinese Language, Chinese Textbook, Reading ability in understanding
Language is not only a communication tool but can also be a link because each country has its own language. Therefore in the world of education other than Indonesian language subjects there are also foreign language subjects such as Mandarin. Although there are already Mandarin language subjects in school, the textbooks that are used are still not in accordance with the criteria of a good textbook. Therefore the selection of teaching materials used in the learning process must meet the criteria of good teaching materials. For example, in Chinese textbooks there must be hanzi and pinyin because hanzi is an authentic Chinese character that students must know and pinyin is a tool for students to know the sound of the hanzi. the purpose of this study is to explain the use of textbooks 华语 in the learning process of reading Chinese comprehension, explaining the influence of the use of textbooks 华语 and student responses to the use of textbooks 华语.
This research is a quantitative research with a descriptive approach. The type of research used is research with experimental methods. The approach in this study is True Experimental design with the form of pre-test past-test control group design.there were two tests namely pre-test before being given treatment and post-test after being treated. The data used were the results of the pre-test and post-test during the study. The researcher used three data collection techniques, namely observation techniques, test techniques and questionnaire techniques.
Analysis of observational data conducted by observers obtained 80.26% (very good) for the control class and 81.57% (very good) for the experimental class. Thus the use of textbooks in learning to read comprehension of Chinese is "Very Good". In the data analysis, results were obtained for t0= 6.388 and db=41, then consulted by looking at the table of the level of 5%. With prices t0 = 6.388 and db =41, it is known that ts,= 0.05 2.00 indicates t is greater than t-table (2.00 6.388). This means the price is significant. Thus, from the analysis of student learning outcomes proved to have a significant difference between the experimental classes treated by using textbooks 华语 with control class students who use textbooks from schools.based on the analysis of student questionnaire data regarding the effect of using text books 华语 obtained a percentage of 86.25%. thus it is evident that textbooks greatly influence of using teksbook 华语 on student reading ability in understanding.