PENGARUH FAKTOR EKOLOGI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
THE INFLUENCE OF ECOLOGICAL FACTORS ON THE LEARNING INDEPENDENCE OF SURABAYA STATE UNIVERSITY STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh faktor mikrosistem terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, menganalisis pengaruh faktor eksosistem terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, dan mengidentifikasi pengaruh faktor makrosistem terhadap kemandirian belajar mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Teori ekologi Bronfenbrenner digunakan sebagai referensi faktor ekologi. Mikrosistem, eksosistem, dan makrosistem merupakan lingkungan sosial yang mendukung perkembangan individu. Konsep kemandirian belajar mengacu pada konsep Self-Regulated Learning (SRL). Dalam Penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei. Survei dilakukan melalui penyebaran angket menggunakan Google Form. Penelitian ini adalah melibatkan mahasiswa aktif angkatan 2018 – 2021 Universitas Negeri Surabaya yang memiliki kriteria sedang atau pernah mengalami pembelajaran secara daring. Accidental sampling digunakan sebagai teknik penentuan sampel dan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Angket kemandirian belajar berjumlah 19 butir pertanyaan digunakan sebagai instrumen penelitian. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan timbal balik antara individu dengan lingkungannya yang dapat berpengaruh secara positif atau negatif. Dengan koefisien determinasi sebesar -16,3% dan tingkat signifikansi sebesar 0,826, faktor mikrosistem memiliki korelasi negatif terhadap SRL. Tingkat signifikansi sebesar 0,815 dan korelasi sebesar 21,1% menunjukkan pengaruh positif faktor eksosistem terhadap SRL. Tingkat signifikansi sebesar 0,036 dan koefisien determinasi sebesar 53,5% menunjukkan pengaruh positif faktor makrosistem terhadap SRL. Menurut penelitian ini, faktor mikrosistem berpengaruh negatif terhadap kemandirian belajar; faktor eksosistem berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kemandirian belajar; dan faktor makrosistem berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar.
This study aims to describe the influence of microsystem factors on the learning independence of Surabaya State University students, analyze the influence of exosystem factors on the learning independence of Surabaya State University students, and identify the influence of macrosystem factors on the learning independence of Surabaya State University students. Bronfenbrenner's ecological theory is used as a reference for ecological factors. Microsystems, exosystems, and macrosystems are social environments that support individual development. The concept of learning independence refers to the concept of Self-Regulated Learning (SRL). In this study, a quantitative approach was used with survey methods. The survey was conducted through the distribution of questionnaires using Google Forms. This research involves active students of the class of 2018 – 2021 Surabaya State University who have criteria for being or have experienced online learning. Accidental sampling is used as a sampling technique and sampling using non-probability sampling techniques. The learning independence questionnaire totaling 19 questions was used as a research instrument. Structural Equation Modelling (SEM) is used as a data analysis technique. The results of the study show that the interrelationship between individuals and their environment can have a positive or negative effect. With a coefficient of determination of -16.3% and a significance level of 0.826, microsystem factors have a negative correlation with SRL. The significance level of 0.815 and a correlation of 21.1% indicate the positive influence of exosystem factors on SRL. The significance level of 0.036 and the coefficient of determination of 53.5% indicate the positive influence of macrosystem factors on SRL. According to this study, microsystem factors negatively affect learning independence; exosystem factors have a positive but not significant effect on learning independence; and macrosystem factors have a significant effect on learning independence.