THE EFFECT OF SOCIOECONOMIC STATUS, FAMILY FINANCIAL MANAGEMENT EDUCATION, AND FINANCIAL LITERACY ON THE PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT OF ACCOUNTING STUDENTS AT SMK IPIEMS SURABAYA
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh status sosial ekonomi, pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, dan literasi keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi siswa akuntansi SMK Ipiems Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan sampel 80 siswa akuntansi. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner dan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis non parametric Kendall’s Tau-b dengan aplikasi program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi atau sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,148 dan nilai koefisien korelasi -0,116. Hal ini membuat kesimpulan bahwa pengaruh antara status sosial ekonomi terhadap manajemen keuangan pribadi siswa akuntansi SMK Ipiems Surabaya adalah tidak signifikan, sangat lemah, dan tidak searah. Hasil analisis juga diperoleh nilai signifikansi atau sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi +0,479**. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh antara pendidikan pengelolaan keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi siswa akuntansi SMK Ipiems Surabaya adalah signifikan, cukup, dan searah. Hasil penelitian ini juga diperoleh nilai signifikansi atau sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,445 dan nilai koefisien korelasi +0,062. Hal ini membuat kesimpulan bahwa pengaruh antara literasi keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi siswa akuntansi SMK Ipiems Surabaya adalah tidak signifikan, sangat lemah, dan searah.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi,Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Literasi Keuangan dan Manajemen Keuangan Pribadi
This study aims to analyze the effect of socioeconomic status, family financial management education, and financial literacy on the personal financial management of accounting students at SMK Ipiems Surabaya. This research is a causal associative type with a sample of 80 students. Saturated sampling technique and data collection techniques in the form of questionnaires or questionnaires and tests. The data analysis technique is non-parametric analysis of Kendall's Tau-b application of IBM SPSS version 25. The result is a significance value or sig. (2- tailed) is 0.148 and the correlation coefficient is -0.116. So it can be concluded that the effect of socioeconomic status on students' personal financial management is insignificant, very weak, and not unidirectional. The result is a significance value or sig. (2-tailed) is 0.000 and the correlation coefficient is +0.479**. So it can be concluded that the effect of financial management education on students' personal financial management is significant, sufficient, and unidirectional. The result is a significance value or sig. (2-tailed) is 0.445 and the correlation coefficient is +0.062. So it can be concluded that the effect of financial literacy on students' personal financial management is insignificant, very weak, and unidirectional.
Keywords: Socio-Economic Status, Family Financial Management Education, Financial Literacy and Personal Financial Management