Keterampilan argumentasi masih jarang digunakan dalam pembelajaran, sedangkan keterampilan argumentasi termasuk dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Toulmin’s argument pattern merupakan pendekatan untuk melatih keterampilan argumentasi dan belum pernah diterapkan di SMAN 16 Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan LKPD pendekatan Toulmin’s argument pattern untuk melatih keterampilan argumentasi pada sub-BAB Spermatophyta yang layak berdasarkan validitas dan efektivitas. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang diuji cobakan ke 20 peserta didik kelas X SMAN 16 Surabaya. Hasil penelitian didapatkan data validitas LKPD yang ditentukan berdasarkan hasil skor validasi dan keterlaksanaan LKPD, sedangkan efektivitas LKPD yang ditentukan berdasarkan hasil ketuntasan keterampilan argumentasi; hasil belajar; sensitivitas butir soal; dan respons peserta didik. Berdasarkan analisis validitas diketahui bahwa LKPD yang dikembangkan mendapat rata-rata skor validitas LKPD sebesar 3.54 dengan kategori sangat valid; rata-rata keterlaksanaan LKPD sebesar 90.5% dengan kategori sangat praktis; hasil ketuntasan keterampilan argumentasi mendapat presentase rata-rata keseluruhan ketuntasan indikator sebesar 34.2% dengan kriteria tidak tuntas pada pretest dan 80% dengan kriteria tuntas pada posttest; data hasil belajar mendapat rata-rata N-Gain sebesar 0.81% dengan kategori tinggi; sensitivitas butir soal mendapat rata-rata 0.46 dengan kategori sensitif; dan data respons peserta didik mendapat rata-rata 97.7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data yang didapatkan, disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan yang ditinjau dari validitas dan efektivitas.
Kata Kunci: keterampilan argumentasi, Spermatophyta, validitas, efektivitas.