Berpikir kritis siswa merupakan proses mental yang aktif dan terorganisir untuk memahami peristiwa dan keadaan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis Problem Based Learning yang menggunakan masalah sehari-hari sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang keterampilan pemecahan masalah dan berpikir krtitis untuk memperoleh pengetahuan dan konsep esensial. Dengan adanya pendekatan Problem Based Learning dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Materi ekosistem yaitu salah satu materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, dan akan mempermudah siswa untuk memahami konsep seperti menganalisis data atau informasi sesuai dengan kemampuan yang ingin dicapai dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian jenis pengembangan dengan desain penelitian 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Lembar kerja siswa yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dan di ujicobakan kepada siswa X MIPA 1 di SMAN 16 Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan skor validitas Lembar kerja siswa 3,7 dengan kategori valid, hasil keterlaksanaan LKS 93% dengan kategori sangat praktis, hasil belajar siswa 87% dengan kategori tuntas, hasil keterampilan berpikir kritis siswa 88% dengan kategori baik, dan respon siswa 87% dengan kategori positif. Dengan demikian Lembar kerja siswa yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran di sekolah untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: lembar kerja siswa, problem based learning, keterampilan berpikir kritis
The critical thinking students are an active mental process and organized to understanding events and circumstances. This research use a Problem Based Learning approach that uses problems a day as a context for the students to learn about solving problems and critical thoughts to knowledge and the essential concept of the essence. With the existence of a Problem Based Learning approach can practice students critical thinking skills. The matter of the ecosystem is one of the material that has been relating the environment, and it will be easy to understand the concept of analysis of the ability to accomplish the ability to produce the Problem Based Learning devotion to the matter of ecosystem to resolve the crypt of the critical skills of the X class student hight school. This research is kind of development with a 4-D ((define, design, develop, dan disseminate) design. Students worksheet developed research design validated by experts and evacuated by X MIPA 1 SMAN 16 Surabaya Country. Validation students worksheet 3,7 with valid category, students learning result 87% with due category, result of students critical thinking skills 88% with good category, and student response 87% with positive category. This the students worksheet are developed worthy of use in the learning process at school to practice students critical thinking skills.
Keywords : Student worksheet, problem based learning based, critical thinking skills.