PENERAPAN PENGAJARAN BAHASA BERBASIS TUGAS DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF: PERSEPSI DAN PRAKTEK
THE IMPLEMENTATION OF TASK BASED LANGUAGE TEACHING ON WRITING DESCRIPTIVE TEXT: PERCEPTION AND PRACTICE
ABSTRAK
Saifudin, Achmad. 2022. Penerapan pengajaran bahasa berbasis tugas dalam menulis teks deskriptif: persepsi dan praktek. Tesis: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing 1: (1) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., dan Pembimbing II (II) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas, Penulisan Teks Deskriptif, Persepsi dan Praktek Guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru bahasa inggris tentang pengajaran bahasa berbasis tugas dalam menulis teks deskriptif, untuk mendeskripsikan proses pengajaran bahasa berbasis tugas dalam menulis teks deskriptif dan untuk membandingkan perbedaan antara persepsi dan praktik guru bahasa inggris dalam menerapkan bahasa berbasis tugas. mengajar menulis teks deskripsi.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tertulis dari para responden. Ini mengamati secara mendalam persepsi dan praktik Guru bahasa inggris dalam kegiatan kelas. Subjek penelitian ini adalah tiga guru bahasa Inggris yang pernah mengajar di kelas tujuh sekolah menengah pertama pada tahun pelajaran 2021/2022. Data penelitian ini adalah transkripsi catatan lapangan observasi, transkripsi wawancara dan dokumen siswa menulis teks deskriptif. Untuk mengumpulkan data, ada tiga teknik yang digunakan seperti observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) Para guru bahasa inggris setuju bahwa pengajaran bahasa berbasis tugas memiliki efek positif pada menulis teks deskriptif. Para guru bahasa inggris melakukan pengajaran bahasa berbasis tugas dalam tiga siklus, yaitu siklus pratugas, siklus tugas, dan fokus bahasa. (2) Para guru bahasa inggris menunjukkan bahwa pengajaran bahasa berbasis tugas memiliki banyak keuntungan karena dapat meningkatkan kreativitas siswa, memperkaya kosa kata, meningkatkan keterampilan menulis siswa, dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. (3) Masalah praktik para guru bahasa inggris di kelas, Siswa merasa membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan menulis teks deskriptif dan siswa seharusnya berkomunikasi menggunakan bahasa target, bahasa Inggris. Mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk menentukan topik dan menemukan kata-kata petunjuk juga membutuhkan lebih banyak waktu, dan mereka sangat sulit untuk menyusun kalimat dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa sasaran, bahasa Inggris. Selain itu, studi lebih lanjut dengan jenis teks lain, keterampilan lain, atau tingkat siswa lain mungkin direkomendasikan.
ABSTRACT
Saifudin, Achmad. 2022. The Implementation of Task Based Language Teaching on Writing Descriptive Text: Perception and Practice. Unpublised Thesis: The Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program, State University of Surabaya. First advisor: (1) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., and second advisor (II) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: Task Based Language Teaching, Descriptive Writing, Teachers’ Perception and Practice.
This study is aimed to know EFL teachers’ perception of task based language teaching on writing descriptive text, to describe the process of task-based language teaching in writing the descriptive text and to compare difference between the EFL teacher’s perceptions and practices implement task based language teaching on writing descriptive text.
This study employs a descriptive qualitative design which produces descriptive data in the written form of the respondents. It observes deeply on EFL Teachers’perception and practice in the classroom activities.The subject of this research was three english teachers who ever taught seventh grade of a junior high school in the academic year 2021/2022. The data of this study are the observation field notes transcription, interview transcription and documents of students writing descriptive text. In order to collect data, There are three techniques used such as observation, in-dept interview and documentation.
The finding of the study are: (1) EFL Teachers agreed that task-based language teaching had a positive effect on writing descriptive text. The EFL teachers conducted the task-based language teaching in three cycles, those were pre-task cycle, task cycle, and language focus. (2) EFL teachers indicated that task based language teaching got many advantages as they can improve creative students, enrich vocabulary, increase the student's writing skills, and be more active in the teaching and learning process in the classroom. (3) The problem of EFL teachers’ practice in the classroom, The student felt they needed much time to work on writing descriptive text and Students should communicate using the target language, English. They need more time for deciding topic and finding the clue words also took more time, and they were very difficult to arrange the sentences from Indonesian into the target language, English. In addition, the futher studies with other kinds of text, other skill, or other students level are probably recommended.