Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun
The Effect of Macro Role Play Method on Interpersonal Intelligence of Children 5-6 Years of Age
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh metode bermain peran makro terhadap
kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan desain yang
digunakan kuasi eksperimen dengan jenis non-equivalent control group design. Data dikumpulkan dengan
menggunakan teknik observasi partisipan. Sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pancasila III Kota
Surabaya yang berjumlah 24 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Mann-Whitney U Test yang
di bantu program IBM SPSS for Windows versi 22. Hasil perhitungan data menggunakan Mann-Whitney U Test,
dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil rata-rata (mean) data kenaikan selisih post-test pre-test pada kelompok
kontrol sebesar 6,67 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 18,3. Maka, di dapatkan hasil dari uji hipotesis
bahwa nilai sig 2 tailed sebesar 0,00 dimana nilai ini lebih kecil dari nilai batas signifikansi alfa 0,05 atau (0,00 <
0,05). Dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan
bahwa ada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Kecerdasan Interpersonal, Metode Bermain Peran Makro.
The purpose of this study was to analyze whether or not there was an effect of the macro role playing method on the interpersonal intelligence of children aged 5-6 years. The research method used is quantitative and the design used is quasi-experimental with a non-equivalent control group design. Data was collected using participant observation techniques. The sample in this study was the children of group B at Pancasila III Kindergarten in Surabaya, totaling 24 children. The collected data were analyzed using the Mann-Whitney U Test which was assisted by the IBM SPSS for Windows version 22 program. The results of data calculations using the Mann-Whitney U Test, with a significance level of 0.05 obtained the average (mean) data increase in post difference -the pre-test in the control group was 6.67 while in the experimental group it was 18.3. So, the results obtained from the hypothesis test are that the sig 2 tailed value is 0.00, which is smaller than the alpha significance limit value of 0.05 or (0.00 <0.05). It can be concluded that, Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the data analysis, it was stated that there was an effect of the macro role playing method on the interpersonal intelligence of children aged 5-6 years
Keywords: Early Childhood, Interpersonal Intelligence, Macro Role Play Method.