PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR PROYEKSI DAN PERSPEKTIF DENGAN BLENDER GAME
DEVELOPMENT OF PROJECTION AND PERSPECTIVE IMAGE LEARNING MEDIA WITH BLENDER GAME
Penggunaan media pembelajaran yang berwujud 2D membuat mahasiswa sulit memahami materi gambar proyeksi dan perspektif seperti memahami bentuk objek pada gambar proyeksi dan memahami ruang pada gambar perspektif. Selama kegiatan belajar secara daring media pembelajaran yang digunakan adalah media digital yang masih berwujud 2D, lalu media cetak berupa buku ajar tidak dipakai oleh mahasiswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran gambar proyeksi dan perspektif dengan menggunakan blender game dan mengujicobakan media tersebut kepada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimodifikasi berdasarkan alur penelitian menurut Sugiyono. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil validasi media mendapat nilai 98,21%, validasi materi mendapat nilai 81.25%, dan penilaian dari dosen pengajar mendapat nilai 91,1%. Hasil uji coba kepada 11 mahasiswa mendapat nilai 79,82%.
The utilization of 2D learning media makes it more difficult for students to understand projection and perspective image lesson such as understanding the shape of objects in projection images and understanding space in perspective images. During online learning activities, the learning media used is digital media that still in 2D form, while teaching books are not used by students to learn. The purpose of this research is to develop a learning media of projection and perspectives images by using blender game and test the learning media to students. This is research and development study that is modified based on the research according to Sugiyono. The research instruments used are questionnaires and document. Score from media validation got 98.21%, from material lesson validation got 81.25%, and from the lecturer got 91,1%. The test results from 11 students get score 79.82%.