ABSTRAK
Pengembangan Modul Digital Interaktif Tentang Pencahayaan Pada Mata Kuliah Fotografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo.
Nama : Izza Hamdani NIM : 12010024048 Program Studi : S-1 Jurusan : Teknologi Pendidikan Fakultas : Ilmu Pendidikan Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.
Kata-kata kunci : Pengembangan, Modul Digital Interaktif, Fotografi, Hasil Belajar
Penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah yang ditemukan di lapangan yaitu 54,54% dari sebelas mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo merasa cukup kesulitan dalam memahami konsep fotografi, serta kurangnya / terbatasnya alat (kamera, lensa dan perlengkapan foto studio). Sedangkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan materi yang dianggap kurang paham dalam konsep fotografi (Iso, Diafragma, Speed) sebesar 45,45%. Untuk mengatasi permasalahan belajar yang terjadi maka diperlukan pengembangan bahan ajar untuk memfasilitasi pembelajaran secara mandiri, yaitu modul digital interaktif. Selanjutnya tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) kelayakan, (2) keefektifan modul digital interaktif dan (3) hasil belajar pada mahasiswa Jurusan Multimedia di Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (Research and Development) Borg and Gall adaptasi model Sugiyono dengan jumlah 10 langkah pengembangan. Data yang dikumpulkan berupa instrumen dalam bentuk wawancara, kuesioner, observasi dan tes. Masing-masing instrumen tersebut memiliki fungsi yaitu: instrumen wawancara kepada para ahli materi, media dan pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui penilaian kelayakan modul digital beserta perangkat pembelajarannya; instrumen kuesioner untuk mengetahui kemudahan dan penyajian materi yang tercantum pada modul digital; observasi untuk mengetahui kemampuan psikomotor saat menggunakan simulator kamera yang terdapat di dalam modul digital; serta instumen tes untuk mengetahui hasil belajar para mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo dan keefektifan penggunaan modul digital pada proses pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji coba perorangan, subjek uji coba kelompok kecil, subjek uji coba kelompok besar, serta subjek validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil wawancara dengan dua ahli materi menunjukkan hasil persentase sebesar 97,22%, lalu hasil dua ahli media menunjukkan hasil persentase sebesar 92,85%, sedangkan hasil ahli pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 100%. Hasil dari uji coba perorangan menunjukan persentase sebesar 90,91%, lalu hasil dari uji coba kelompok kecil menunjukan persentase sebesar 92,05%, kemudian hasil dari uji coba kelompok besar menunjukan persentase sebesar 91,82%. Hasil nilai rata-rata pada tes kinerja menunjukkan 84,167. Sedangkan hasil uji t test yang didapatkan antara nilai post test dari kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen menunjukkan 10,642.n Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul digital interaktif tentang pencahayaan pada mata kuliah fotografi dikatakan layak dan efektif untuk pembelajaran kepada mahasiswa Jurusan Multimedia di Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo. ABSTRACT
Development of Interactive Digital Modules on Lighting in Photography Courses to Improve Learning Outcomes at the Sidoarjo State Community Academy.
Name : Izza Hamdani NIM : 12010024048 Study Program : S-1 Department : Educational Technology Faculty : Science Education Name of Institution : Surabaya State University Advisor : Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.
Keywords: Development, Interactive Digital Module, Photography, Learning Outcomes
This study was based on the background of problems found in the field that the results of questionnaires from eleven students of Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo showed 54.54% felt quite difficulty in understanding the concept of photography and lack of / limited tools (camera, lens and photo / studio’s equipment). While the results of the needs analysis showed that the students considered less understood (45,45%) in the concept of Iso, Diaphragm, Speed. In order to overcome the learning problems that occured it is necessary to develop of teaching materials to facilitate learning independently, that is the interactive digital module. Furthermore, the purpose of this study is to describe (1) feasibility, (2) effectiveness of interactive digital module and (3) learning outcomes of students of Multimedia Department at Sidoarjo State Community Academy.
This study used the Borg and Gall Research and Development (Research and Development) development model of Sugiyono's model adaptation with a total of 10 steps of development. The data was collected using instruments in the form of interviews, questionnaires, observations and tests. Each of these instruments has the function of: an interview used to interview to the material, media and learning experts to know the feasibility assessment of digital modules and learning tools; questionnaire used to find out the ease and presentation of the material listed on the digital module; observation used to know psychomotor ability when using camera simulator contained in digital module; test used to find out the learning outcomes of Akademi Komunitas Negeri Sidoarjo students and the effectiveness of the use of digital modules in the learning process. The subjects consisted of individual trial subjects, small group trial subjects, large group trial subjects, and validator subjects.
The results of the study showed that the results of interviews with two material experts showed 97,22%, then the results of two media experts showed 92,85%, while the results of learning experts showed a percentage of 100%. The results from individual trials subjects showed 90,91%, then results from small group trials subjects showed 92,05%, then results from large group trials subjects showed 91,82%. The results from the average performance test score showed 84,167. While the result of t test the post test score of the control group and the experimental group showed 10,642. The results of this study can be concluded that the development of interactive digital modules on exposures in the course of photography is said to be feasible and effective for learning to students of Multimedia Department at the Sidoarjo State Academy Community.