The Effect of Implementation of Problem Based Learning Model on Problem Solving Skills of Mathematics Subjects Class X SMA Negeri 4 Pasuruan
Keterampilan pemecahan masalah merupakan sebuah keterampilan yang membantu pebelajar memecahkan masalah secara efektif. Proses pemecahan masalah dalam matematika merupakan model pemecahan solusi. pemecahan masalah. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning. Dalam model ini, pebelajar mencari solusi dari masalah yang ada, tetapi juga memahami masalah dan mengumpulkan beberapa informasi yang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pebelajar dalam memecahkan masalah pada pebelajar kelas X di SMA Negeri 4 Pasuruan. SMA Negeri 4 Pasuruan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik true experimental design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Desain penelitian ini menggunakan sampel dari populasi yang dipilih secara acak untuk mengukur efek dari perlakuan. Teknik tes dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data kuantitatif mengenai kemampuan pemecahan masalah pebelajar dalam pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya pada kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana hasil tersebut < nilai signifikansi 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pebelajar pada mata pelajaran matematika kelas X di SMA Negeri 4 Pasuruan.
Kata kunci: keterampilan pemecahan masalah, model problem based learning, matematika
Problem solving is a skill that helps learners solve problems effectively. The problem solving process in mathematics is a solution model. problem solving. The learning model applied in this research study is a problem-based learning model. In this model, learners look for solutions to existing problems, but also understand the problem and collect some necessary information. The purpose of this study is to describe the effect of problem-based learning model on students' skills in solving problems in class X students at SMA Negeri 4 Pasuruan. SMA Negeri 4 Pasuruan. This research method is experimental method. Data was collected using true experimental design technique using pretest-post test control group design. This research design uses samples from a randomly selected population to measure the effect of the treatment. The test technique was conducted to obtain quantitative data on the problem solving ability of learners in problem-based learning. The results of hypothesis testing in this study showed that in its implementation in the experimental class showed a significance value of 0.000 which is <0.05 significance value. This shows that there is an effect of the implementation of the problem-based learning model in problem-based learning.
Keyword: problem solving skills, problem based learning model, math