STUDI TENTANG PENERAPAN MEDIA 3D SKETCHUP DALAM PEMBELAJARAN DI SMK
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui serta mendeskripsikan hasil perbandingan keterlaksanaan pembelajaran dari beberapa artikel setelah menerapkan media 3D Sketchup (2) Mengetahui serta mendeskripsikan hasil perbandingan hasil belajar peserta didik dari beberapa artikel setelah menerapkan media 3D Sketchup. Metode penelitian artikel ini dilakukan dengan studi literature terhadap hasil penelitian terdahulu. Data yang diambil berupa hasil keterlaksanaan pembelajaran peserta didik dan hasil belajar peserta didik dari beberapa jurnal. Kemudian, ditinjau kembali untuk mendapat hasil perbandingan antara perolehan presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran peserta didik serta perolehan hasil belajar berupa nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar dalam penggunaan media 3D Sketchup pada pembelajaran dari beberapa hasil penelitian jurnal-jurnal terdahulu. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media 3D Sketchup sangat baik jika digunakan, hal tersebut dikarenakan semua artikel memperoleh rata-rata yang semuanya masuk kriteria sangat layak. Sedangkan pada hasil belajar, dari beberapa penelitian yang relevan tersebut, dari sekian data yang dibandingkan dalam proses review ini dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media 3D Sketchup mengalami peningkatan yang cukup signifikan meskipun dalam nilai rata-ratanya sama-sama cukup baik. Hal tersebut dikarenakan peserta didik lebih mudah dalam membayangkan materi yang diajarkan.
Kata Kunci: Hasil belajar peserta didik, Keterlaksanaan pembelajaran, 3D Sketchup.
Abstract
The purpose of this study is (1) Knowing and describing the results of the comparison of learning implementation from several articles after applying 3D Sketchup media (2) Knowing and describing the results of comparisons of student learning outcomes from several articles after applying 3D Sketchup media. The research method of this article was carried out by studying the literature on the results of previous research. The data taken in the form of the results of student learning implementation and student learning outcomes from several journals. Then, it is reviewed to get the results of comparisons between the acquisition of a percentage of the results of student learning and the acquisition of learning outcomes in the form of average values and percentage of learning completeness in using 3D Sketchup media in learning from several research results from previous journals. The results of the implementation of learning using 3D Sketchup media are very good if used, this is because all articles get an average, all of which fall into very feasible criteria. Whereas on learning outcomes, from some of the relevant studies, from the data compared in this review process it can be concluded that the learning outcomes of students after using 3D Skechup media have increased quite significantly even though the average scores are both quite good. This is because students find it easier to imagine the material being taught.
Keywords: Students’ learning outcomes, Implementation of learning, 3D Sketchup.