POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN DI PT. BPR MENTARI TERANG
COMMUNICATION PATTERNS BETWEEN LEADERS AND EMPLOYEES AT PT. BPR MENTARI TERANG
Dewasa ini penggunaan pola komunikasi yang sesuai dengan budaya dan kebiasaan dari sebuah perusahaan akan membantu efektifitas dan memaksimalkan hasil. Di sini PT. BPR Mentari Terang merupakan perusahaan di bidang perbankan yang telah memiliki banyak pengharapan baik dalam skala regional maupun nasional dan sudah bergerak dalam kurun waktu 20 tahun. Disini peniliti akan meneliti pola komunikasi apa yang di gunakan oleh BPR mentari Terang dalammenjalankan perusahaan, dan mengetahui efektifitas pola komunikasi yang di gunakan dengan tujuan pencapaian yang maksimal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Kemudian hasil wawancara akan di analisi menggunakan teori dari lunenburg mengenai pola-pola komunikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan jika di PT BPR Mentari Terang menggunakan pola komunikasi sirkular yang terdiri dari pola komunikasi lingkaran, roda dan Y.
In today's era, the use of communication patterns that align with the culture and habits of a company will help enhance effectiveness and maximize outcomes. Here, PT. BPR Mentari Terang is a banking company that has high expectations both on a regional and national scale, and has been operating for 20 years. In this study, the researcher will examine the communication patterns utilized by BPR Mentari Terang in running their company, and determine the effectiveness of these communication patterns in achieving maximum results. The researcher employs the phenomenology method with interview data collection techniques. Subsequently, the interview results will be analyzed using Lunenburg's theory on communication patterns. The research findings indicate that PT. BPR Mentari Terang uses a circular communication pattern, which consists of circular, wheel, and Y-pattern communication