Kesiapan Belajar Online dan Kepuasan Belajar Siswa dalam Kelas Menulis (Bahasa Inggris) Selama Pandemi
Online Learning Readiness and Student Study Satisfaction in English Writing Class during The Pandemic
Artikel ini meneliti korelasi antara kesiapan belajar online dan kepuasanbelajar siswa serta pengaruhnya terhadap pembelajaran menulis online sebagai predictor keberhasilan siswa di masa pandemi. Peserta (n = 30) adalah mahasiswa semester 8 yang mengikuti mata kuliah menulis pada masa pandemi. Para siswa tersebut memiliki pengalaman menggunakan berbagai platform pembelajaran (online) sebagai media proses pembelajaran. Untuk mendapatkan data yang lebih akurat, penelitiannya menggunakan data kuantitatif disertai wawancara lanjutan untuk mendapatkan data mendalam terkait hubungan antara kesiapan belajar online dan kepuasan belajar siswa sebagai predictor keberhasilan mahasiswa yang mengambil mata kuliah menulis di masa pandemi.Siswa yang diwawancarai akan ditanya tentang persepsi mereka tentang menulis di masa pandemic untuk menyelidiki kesiapanbelajar online dan kepuasan belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar online dan kepuasanbelajar siswa berhubungan secara signifikan.Namun, tidak ada hubungan antara; kepuasan belajar siswa dan efikasi diri computer dan internet [r-tabel .374 > r-hitung .271]; dan kepuasan belajar siswa dan efikasi diri komunikasi online [r-tabel .374 > r-hitung .286].
KataKunci: kesiapanbelajar online, kepuasan belajar siswa, pandemic, menulis.
This article reports the result of a correlation study between online learning readiness and students' study satisfaction and those influences on writing online learning as the success predictor of the students in the pandemic. The participants (n = 30) are 8th-semester students enrolled in writing courses during the pandemic. Students are experienced using various (online) learning platforms to link the learning process. For more reliable data, this research used quantitative data and follow-up interviews to gain in-depth data related to the relation between OLR and SSS as the success predictors of students' who took writing courses during a pandemic. The interviewee will be asked about their perception of having writing during the pandemic to investigate their OLR and study satisfaction. The results indicated that OLR and SSS are significantly related. However, there aren't relation between; students' study satisfaction and computer and internet self-efficacy [ r-table .374 > r-count .271]; and students' study satisfaction and online communication self-efficacy [ r-table .374 > r-count .286].
Keywords: Online learning readiness, study satisfaction, pandemic, writing skill.