Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konsep energi bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi konsep energi. Jenis penelitian ini menerapkan model pengembangan R&D (Research and Developmnet) yang dibatasi sampai tahap uji coba produk. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif yang telah dikatakan layak kemudian diuji cobakan secara terbatas pada 15 siswa SMP Negeri 13 Surabaya kelas VII-D. Penelitian ini menggunakan desain uji coba One Group Pretest-Posttest. Pada penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini diperoleh hasil validitas dari analisis tiga validator dengan nilai modus keseluruhan yang diperoleh sebesar 4 dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa. Penilaian keterlaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak tiga kali sesuai dengan banyaknya pertemuan. Niali modus keeluruhan pada pertemuan pertama sebesar 3 dengan kriteria praktis, pada pertemuan kedua dan ketiga diperoleh nilai modus keseluruhan sebesar 4 dengan kriteria sangat praktis. Penilaian aktivitas siswa dilakukan pada setiap siswa dengan 7 aspek penilaian, aspek tersebut menggunakan kode A, B, C, D, E, F, G. Pada aspek kode A diperoleh perentase sebesar 93%, aspek B diperoleh persentase 98%, aspek C diperoleh persentase 96%, aspek D diperoleh persentase 76%, aspek E diperoleh persentase 73%, aspek F diperoleh persentase 93% dan aspek G diperoleh persentase 96%. Respon siswa dilakukan dengan mengisi lembar angket yang berisi 15 pernyataan, respon siswa tersebut memperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. Data hasil belajar aspek pengetahuan diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa, hasil belajar diperoleh dengan hasil rata-rata posttest siswa lebih tinggi dibandingkan hasil rata-rata pretest, dengan skor N-gain yang diperoleh sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi konsep energi layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Konsep Energi.
Research on the development of interactive learning media to improve student learning outcomes in the concept of energy material aims to describe feasibility based on the validity, practicality and effectiveness of interactive learning media used to improve student learning outcomes in class VII on energy concept material. This type of research applies the R & D development model (Research and Development) which is limited to the product testing phase. The results of the development of interactive learning media that were said to be feasible were then tested on a limited basis on 15 students of SMP Negeri 13 Surabaya class VII-D. This study uses a trial design of One Group Pretest-Posttest. In this study of the development of interactive learning media, the results of validity from the analysis of three validators were obtained with the overall mode value obtained by 4 with very valid criteria. The results of practicality in terms of the implementation of learning, student activities, and student responses. Assessment of learning implementation is carried out three times according to the number of meetings. Niali the overall mode in the first meeting is 3 with practical criteria, in the second and third meeting the overall mode value is 4 with very practical criteria. Assessment of student activity is carried out on each student with 7 aspects of assessment, these aspects use the code A, B, C, D, E, F, G. In the aspect of code A, the percentage is 93%, aspect B is 98%, aspect C is obtained percentage 96%, aspect D obtained percentage 76%, aspect E obtained percentage 73%, aspect F obtained percentage 93% and aspect G obtained percentage 96%. Student responses are carried out by filling out questionnaires containing 15 statements, the responses of these students obtain an average overall percentage of 91% with very practical criteria. Knowledge aspects of learning outcomes data were obtained from the results of the students' pretest and posttest, learning outcomes were obtained with the results of the average posttest of students higher than the average results of the pretest, with the N-gain score obtained at 0.6 with the criteria being. Based on the results of the study it can be concluded that the interactive learning media in the concept of feasible energy material is used to improve student learning outcomes in the knowledge aspect.
Keywords : Interactive Learning Media, Learning Outcomes, Energy Concepts.