Kegiatan evaluasi terhadap kinerja wajib dilakukan secara berkala oleh penyelenggara pelayanan publik agar menciptakan sistem transportasi yang diharapkan oleh masyarakat. Evaluasi kinerja kendaraan sebagai pelayanan publik harus mampu memberikan pelayanan yang optimal dan memiliki fasilitas pendukung yang baik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi ketersediaan jumlah armada Bus Trans Sidoarjo.
Penelitian ini dilakukan terhadap 309 pengguna jasa dan naik turunnya penumpang menggunakan metode wawancara single random sampling. Data yang diperoleh kemudian akan diolah menggunakan metode Matriks Asal Tujuan (MAT). Dari analisa tersebut didapatkan jumlah loadfactor rata rata sebesar 30% yang dirasa masih belum memenuhi standar yaitiu 70% dan jumlah armada yang ada masih belum memenuhi permintaan pengguna karena yang dibutuhkan sebanyak 6 armada tetapi pada kenyataan nya armada yang beroperasi sebanyak 8 armada. Untuk meningkatkan pelayanan, indikator yang perlu dilakukan peninjauan ulang terhadap waktu antara (H), memberikan informasi kedatangan dan keberangkatan Bus, dan pihak penyedia dapat mengurangi jumlah armada.
Kata kunci : matriks asal tujuan, kinerja pelayanan, bus rapid transit (brt), transportasi, bus Damri.
Performance evaluation activities must be carried out regulary by public service providers in order to create a transportation system that is expected by the community. Evaluation of vehicle performance as a public service must be able to provide optimal service and have good supporting facilities. The purpose of this research is to identify the availability of the number of Trans Sidoarjo Bus fleet.
This research was conducted on 309 service user and the ups and downs of passengers using the single random sampling interview method. The data obtained will then be processed using the origin destination matrix method. From this analysis, the average number of load factor is 30% which is considered not to meet the standard of 70% and the number of existing fleets does not meet the demands of the user because it requires as many as 6 fleets, but in reality there are 8 fleets operating. To improve service, indicators that need to be reviewed headway, provider can reduce the number of fleets.
Keywords : origin destination matriks, service performance, bus rapid transit (BRT), transportation, Damri bus