PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
THE DEVELOPMENT OF SMART CARD ON THE CHANGE OF SHAPE MATERIAL IN FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media Kartu Pintar pada materi perubahan wujud benda di kelas 5 SD. Kartu Pintar adalah sebuah media pembelajaran berbentuk kartu yang mana pemainnya dapat belajar sekaligus bermain. Media Kartu Pintar berisi mengenai pengertian, contoh, dan percobaan cara membuat perubahan wujud benda. Penelitian mengenai pengembangan media kartu pintar ini menggunakan metode ADDIE yang terbagi dalam 5 tahap yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Penelitian pengembangan media Kartu Pintar ini dilaksanakan dengan membuat kelompok belajar yang beranggotakan peserta didik kelas 5 SD sejumlah 7 anak karena pada saat pandemi seperti saat ini semua sekolah masih melakukan pembelajaran secara daring, jadi semua sekolah tidak diperbolehkan melakukan aktivitas di sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam pengambilan data penelitian pengembangan ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis dari data validasi serta analisis dari data angket.
Kevalidan dari media ini mendapatkan skor 88% dengan kategori sangat valid dan kevalidan materi mendapatkan skor 74% dengan kategori valid. Kepraktisan media Kartu Pintar memperoleh skor 87,67% dengan kategori sangat baik. Keefektifan media diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85,7% dengan N-Gain 0,44.Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan ini bisa disimpulkan yaitu media Kartu Pintar sangat baik dan layak digunakan selama pembelajaran materi perubahan wujud benda di kelas 5 SD.
Kata Kunci: IPA, Pengembangan, Kartu, Wujud Zat.
The aims of this study was to find the validity practicality and effectiveness of Smart Card in making changes in the form of objects in grade 5 of primary school. Smart Card is a learning media in the form of cards where players can learn and play at the same time. Those media are contains understanding, examples, and experiments on how to make a changes. The method of this research was used ADDIE, which is divided into 5 stages, namely analysis, planning, development, implementation, and evaluation. This research was carried out by creating a study group consisting of 7 students of grade 5 elementary school, because during a pandemic most of schools are still learning online, thus students are not allowed to carry out activities at school. The technique analysis of this study was used qualitative and quantitative by using validity and questionnaire data.
The validity of this media obtained88% score in the strongly valid category and the validity of the material obtained 74% score in the valid category. The practicality of Smart Card media obtained 87.67% score in the very good category. The effectiveness of the media is known from the percentage of students' mastery learning of 85,7% with an N-gain of 0,44.Based on the results of this developmental research, it can be concluded that the Smart Card media is very good and suitable for use during learning material changes to objects in grade 5 elementary school.
Keywords: Science Edutainment, Development, Card, Form Object.