ANALISIS LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK TERHADAP TEKS RECOUNT SISWA KELAS DELAPAN
SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS ANALYSIS OF EIGHTH GRADE STUDENTS' RECOUNT TEXT
Kata kunci: Linguistik Fungsional Sistemik (SFL), Transitivitas, Teks Recount
Transitivitas dalam Linguistik Fungsional Sistemik merupakan suatu cara untuk menganalisis bagaimana tindakan, perasaan, dan hubungan dijelaskan dalam kalimat. Transitivitas melibatkan proses yang terkait dengan kata kerja (misalnya material, relasional, mental, eksistensial, verbal, dan perilaku); partisipan yang terlibat dalam proses (misalnya aktor, tujuan, penerima, dll.); dan keadaan yang merupakan informasi tambahan (misalnya waktu, tempat, cara, dll.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses transitivitas yang paling sering digunakan dalam teks recount yang ditulis oleh siswa kelas delapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memperoleh data sebanyak 150 klausa dari teks recount siswa kelas delapan untuk dianalisis. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis kode tematik. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Teori Transitivitas SFL Halliday. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar siswa sering menggunakan proses material dalam teks recount mereka, yang menunjukkan kepercayaan diri dalam menulis kalimat deklaratif dengan kata kerja aktif. Penggunaan material process yang dominan mencerminkan preferensi mereka untuk menyatakan tindakan atau kejadian secara langsung dan jelas. Hanya sedikit siswa yang menggunakan proses mental dan relasional, dan bahkan lebih sedikit lagi yang menggunakan proses eksistensial, verbal, dan perilaku.
Keywords: Systemic Functional Linguistics (SFL), Transitivity, Recount Text
Transitivity in Systemic Functional Linguistics is a way to analyze how actions, feelings, and relationships are described in clauses. Transitivity involves processes related to verbs (e.g. material, relational, mental, existential, verbal, and behavioral); participants involved in the process (e.g. actor, goal, recipient, etc.); and circumstances that are additional information (e.g. time, place, manner, etc.). This study aims to determine the most common used transitivity processes types in recount texts written by eighth grade students. This study used a qualitative research method. The researcher obtained data of 150 clauses from eighth grade students' recount texts for analysis. The data were analyzed using thematic code analysis techniques. In analyzing the data, the researcher used Halliday's SFL Transitivity Theory. This study found that most students often used material processes in their recount texts, which showed their confidence in writing declarative sentences with active verbs. The dominant use of material processes reflects their preference for stating actions or events directly and clearly. Only a few students used mental and relational processes, and even fewer used existential, verbal, and behavioral processes.