KENDALA GURU BAHASA JEPANG DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19
CONSTRAINTS JAPANESE TEACHER IN IMPLEMENTING ONLINE LEARNING DURING THE PANDEMIC COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami guru bahasa Jepang dalam menerapkan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dilihat dari faktor internal dan eksternal serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan melakukan wawancara kepada guru bahasa Jepang. Wawancara dilakukan kepada enam orang guru bahasa Jepang dari sekolah yang berbeda untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh setiap guru bahasa Jepang selama pembelajaran daring dilihat dari faktor eksternal dan internal serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.
Hasil penelitian ini adalah dari semua kendala-kendala yang telah dipaparkan dari hasil angket maupun wawancara, baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal dalam penelitian ini sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Taufiqurrochman tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring. Selain itu juga, terdapat 16,7% responden mengalami kendala berupa kurangnya komunikasi antara guru dan siswa yang dapat menghambat proses pembelajaran daring menjadi kendala pada faktor internal. Sedangkan terdapat 66.,7% responden juga menjawab kuota internet dan sebanyak 83,3% responden menjawab sinyal gawai yang tidak stabil sebagai kendala dalam proses pembelajaran daring dilihat dari faktor eksternal.
This study aims to determine what are the constraints experienced Japanese language teachers in implementing online learning during the pandemic covid-19 seen from the internal and external factors as well as a solution that is made to overcome these constraints. This research uses qualitative methods with a descriptive approach. Data collection was done by distributing questionnaires and conducting interviews to the teachers of the Japanese language. Interviews were conducted to six people to become Japanese language teachers from different schools to find out the constraints faced by every teacher of the Japanese language during online learning seen from the external and internal factors as well as the solution is to overcome these obstacles.
The results of this study are of all the obstacles that have been presented from the results of questionnaire and interview, whether caused by internal and external factors in this study are in line with the theory put forward by Taufiqurrochman about advantages and disadvantages of learning online. In addition, 16.7% of the respondents have obstacles such as the lack of communication between teachers and students that can hinder the process of learning online and are becoming a constraint on internal factors. While 66.7% of the respondents also answered the quota of the internet and as many as 83,3% of respondents answered the signal devices are not stable as a constraint in the process of online learning seen from the external factors.