ABSTRAK
Daralina, Restian. 2019. Struktur Percakapan Anak TK Di TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pebimbing: (I) Prof. Dr. BambangYulianto, M.Pd., dan (II) Dr. Maria Mintowati, M.Pd.
Kata-kata Kunci: giliran ujaran, jeda, tumpang ujaran, karakteristik bahasa anak TK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur percakapan anak TK di TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya, yang meliputi (1) bentuk giliran ujaran pada percakapan anak TK, (2) jeda pada percakapan anak TK, dan (3) tumpang ujaran pada percakapan anak TK. Penelitian ini berpendekatan kualitatif, ditinjau berdasarkan sudut pandang pragmatik menggunakan metode simak dan teknik dasar sadap dalam proses pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini anak-anak di TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya yang berjumlah 15 anak dan satu guru kelas. Pengumpulan data dilakukan selama satu bulan oleh peneliti sebagai instrumen utama, catatan, dan alat rekam sebagai instrumen pendukung. Proses analisis data menggunakan metode padan dan PRAAT. Hasil analisis data merujuk pada masalah yang dikaji dalam penelitian ini yang meliputi enam bentuk giliran ujaran, yaitu memperoleh, mengambil, merebut, menciptakan, mengganti, dan melanjutkan giliran ujaran. Jeda dalam penelitian ini meliputi jeda panjang dan jeda pendek. Tumpang ujaran dalam penelitian ini terdiri atas tumpang ujaran antar suku kata dengan kata dan antara kata dengan kata. Dengan demikian dapat disimpulkan giliran ujaran pada tuturan anak TK dapat memengaruhi terjadinya jeda dan tumpang ujaran dalam pengambilan hak untuk berujar, sehingga penutur dan petutur pada pola giliran ujaran yang sedang berlangsung dapat berganti dengan penutur dan petutur lain. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu guru di kelas dalam menyusun rancangan pembelajaran agar anak dapat aktif berujar dan memahami pola giliran ujaran yang berlaku di masyarakat, sehingga tidak terjadi perebutan giliran ujaran dalam tuturan anak TK.
ABSTRACT
Daralina, Restian. 2019. Conversational Structure of Kindergarten Children at Kindergarten Khadijah Ahmad Yani Surabaya. Thesis, Language Education Study Program, Postgraduate Program,State University of Surabaya. . Supervisor: (I) Prof. Dr. BambangYulianto, M.Pd., and (II) Dr. Maria Mintowati, M.Pd.
Key Words: Turn-taking, pauses, Overlap, language characteristics of kindergarten children .
This study aims to describe the structure of kindergartners’ conversation at TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya, which includes (1) the form of turn-taking, (2) the kind of pauses and (3) the overlapping speech in kindergartner’s conversation. This study using qualitative approach, reviewed based on pragmatic point of view using listening methods and basic tapping techniques in the data collection process. Subjects in this study were children at TK Khadijah Ahmad Yani Surabaya, totaling 15 children and a teacher. Data collection was carried out for a month by researcher as the main instrument and the supporting instruments were a note and recorder. The process of analyzing data used the equivalent method and PRAAT. The results of data analysis referred to the problems examined in this study which include six forms of turn-taking, namely obtaining, taking, seizing, creating, replacing, and continuing turn-taking. The kind of gaps in this study were long gaps and short gaps. Speech overlap in this study consists of overlapping syllables between words and between words with words. Thus it can be concluded that the turn-taking in kindergartners’ speech can affect the occurrence of gaps and overlapping in taking the right to speak, so that the speaker and listener in ongoing conversation can be replaced with other speakers and listeners. Hopefully, this can help teachers to prepare a learning design in order to the children can speak actively and understand the turn-taking patterns in the community, so that there is no struggle for turn-taking in the speech of kindergartners.