ABSTRAK
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 12 Surabaya, diperoleh beberapa informasi mengenai proses belajar mengajar yang berkaitan dengan keterampilan menulis dan ketersediaan materi pembelajaran. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dari lemahnya peserta didik dalam kegiatan proses pembelajaran, yaitu salah satunya kesalahan penulisan huruf besar dan kecil, cara penyusunan strukur kalimat bahasa Jerman, minimnya antusias, kurang ketersediaan media pembelajaran, peserta didik merasa bosan dan jenuh. Sehingga menyebabkan lemahnya keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik. Beberapa media dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menulis salah satunya yaitu media Scrapbook. Dalam pengembangan media Scrapbook ini menggunakan model teori Sugiyono (2013:9) yaitu 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Desain; 6) Uji Coba Produk; 7) Revisi Produk; 8) Uji Coba Pemakaian; 9) Revisi Produk; dan 10) Produksi masal. Instrumen validasi yang digunakan oleh peneliti adalah angket validasi media dan materi yang diberikan oleh ahli validator, yang kemudian akan menunjukkan hasil akhir alid atau tidaknya dari sebuah rancangan media pembelajaran. Hasil perolehan hasil validasi materi menunjukkan angka persentase sebesar 85%, dan perolehan hasil dari validasi media menunjukkan angka persentase sebanyak 94,66%. berdasarkan hal tersebut, media scrapbook dianggap layak karena telah melampaui batas perolehan minimal sebesar 61%, sehingga media Scrapbook dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.
Kata Kunci : media pembelajaran Scrapbook, pengembangan, bahasa Jerman
ABSTRACT
Based on the results of interviews with the teacher of German subjects at SMA Negeri 12 Surabaya, there are some information about the teaching and learning process related to writing skills and the availability of learning materials. There are several factors that are the cause of the weakness of learners in the process of learning activities, namely one of the mistakes of writing uppercase and lowercase, how to prepare the structure of German sentences, lack of enthusiasm, lack of availability Learning media, learners feel bored and saturated, leading to weak German writing skills. Some media can help learners to improve the writing skills of one of them, Scrapbook media. In the development of this Scrapbook media, researcher using Sugiyono (2013:9) theory model, there are: 1) Potential and problems; 2) Data collection; 3) Producy design; 4) Design validation; 5) Design revision; 6) Product trial; 7) Product revision; 8) Usage test; 9) Product revision; and 10) Mass production. The validation instrument used by the researcher is a media-validation poll and material provided by the validators, which will then demonstrate the valid or undetermined final result of a learning media plan. The result of the material validation results showed a percentage rate of 85%, and the result of the media validation showed a percentage number of 94.66%. Based on that, the media scrapbook is considered feasible because it has exceeded the minimum turnover limit of 61%, so that media scrapbook can be used in learning German writing skills.
Keywords: Scrapbook Learning Media, development, German