Pengembangan
media dibutuhkan sekali untuk meningkatkan ketrampilan siswa. Media yang
dikembangkan di penelitian ini yaitu media Flash Foto Cerita Berangkai
yang akan digunakan untuk meningkatkan ketrampilan menulis teks deskripsi siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Kedungpring Lamongan.
Rumusan
masalah dari penelitian ini, adalah (1) Proses pengembangan media Flash Foto
Cerita Berangkai untuk pembelajaran ketrampilan menulis teks deskripsi?, (2) Efektifitas
media Flash Foto Cerita Berangkai sabagai media pembelajaran ketrampilan
ketrampilan menulis teks deskripsi?, (3) Tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 1
Kedungpring Lamongan terhadap penggunaan media Flash Foto Cerita
Berangkai?. Tujuan dari penelitian ini, adalah (1) menjelaskan hasil proses
pengembangan media Flash Foto Cerita Berangkai, (2) menjelaskan
efektifitas dari media Flash Foto Cerita Berangkai sebagai media
pembelajaran ketrampilan Flash Foto Cerita Berangkai, (3) menjelaskan
tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungpring terhadap penggunaan media Flash
Foto Cerita Berangkai sebagai media pembelajaran.
Penelitian
ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan
adalah model pengembangan R&D (Research & Development). Desain penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan
wujud nonequivalent control group design yang berupa pre-post test Hasil
proses pengembangan dari validator ahli media yaitu mendapatkan nilai rata-rata
persentase 70% yang berarti kwalitas media tergolong “bagus”. Hasil penilaian
dari validator ahli materi yaitu mendapatkan nilai rata-rata persentase 93%
yang berarti isi materi tergolong “bagus sekali”. Hasil efektifitas kelas eksperimen
dan kelas kontrol penelitian 1 mendapatkan titung = 9,36 ≥ ttabel
(0,05 db=55) = 2,004. Berarti hasil titung tersebut signifikan. Di
penelitian II pre-test danpost-test
kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan thitung = 2,437 ≥ ttabel
(0,05 db=55) = 2,004. Yang berarti signifikan. Maka, bisa disimpulkan bahwa media Flash
Foto Cerita Berangkai bisa meningkatkan ketrampilan menulis teks dheskripsi.
Hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan media Flash Foto Cerita
Berangkai berasal dari kelas uji instrumen yang rata-rata persentasinya 92,3%
yang berarti “bagus sekali”. Hasil respon siswa dari kelas eksperimen yang
rata-rata persentasinya menghasilkan 92,3% berarti termasuk “bagus sekali”.
Kalau dilihat dari hasil efektifitas dan respon siswa bisa disimpulkan bahwa
media Flash Foto Cerita Berangkai
bagus sekali untuk pembelajaran menulis teks deskripsi, siswa merasa lebih
semangat dan senang di dalam menerima materi menulis teks deskripsi dan bisa
lebih berhasil di dalam menulis teks deskripsi daripada tidak menggunakan
media.
Kata kunci : Media Flash Foto Cerita Berangkai,
ketrampilan menulis.