ABSTRAK
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI AK 4 SMK NEGERI 2 TUBAN
Nama : Setiawan Adi Marzuna
NIM : 15060464152
Prodi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Sudarso,M.Pd.
Media audio visual (video) adalah suatu metode pengajaran yang bisa di pergunakan untuk menyampaikan materi lebih banyak dan terinci sehingga penyajian bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Selain itu, media ini juga membantu peran serta guru untuk menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah mengerti. Khususnya dalam hal ini adalah praktek shooting bola basket. Dengan media audio visual, pada praktek shooting bola basket siswa dapat melihat secara langsung dan jelas pergerakan tangan dalam melakukan teknik shooting. Dan video tersebut dapat diperlambat agar terlihat lebih jelas gerakan apa saja yang harus dipraktekan. Dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa audio visual adalah alat yang digunakan untuk menyerap pembelajaran melalui media dengar, gambar dan video yang bisa menarik siswa untuk belajar.
Penelitian dengan media audio visual (video) bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban tahun ajaran 2018-2019. Sedangkan sample yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu 1 kelas jurusan akutansi 4 yang berjumlah 35 siswi. Sampel ini dilakukan dengan cara melakukan undian melalui mekanisme pengambilan kertas yang telah dilakukan peneliti kemudian didalam kertas tersebut terdapat tulisan shooting. Ketua kelas yang mendapatkan kertas yang bertuliskan shooting akan dijadikan sampel oleh peneliti.
Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu, memakai pendekatan kuantitatif. Rancangan yang diteliti menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Perlakuan yang diberikan adalah pembelajaran shooting bola basket yang dilaksanakan dalam kurun waktu 2 minggu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes shooting bola basket dalam 30 detik yang dilakukan 2 kali yaitu saat tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) serta ditambahkan dengan tes pengetahuan terhadap siswa. Tes pengetahuan tersebut dilakukan dengan cara siswa mengerjakan soal tentang shooting bola basket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual (video) pada hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tuban.
Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t, taraf signifikansi pengetahuan 0,014 dan taraf signifikansi keterampilan sebesar 0,042 dengan nilai t test pengetahuan 2,611 > t tabel 2,042 sedangkan nilai t test keterampilan 2,127 > t tabel 2,042, dengan demikian sesuai ketentuan t hitung > dari t tabel dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa ada peningkatan pengaruh media audio visual (video) terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa AK 4 kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Berdasarkan dari perhitungan persentase dengan hasil 5,35% untuk nilai pengetahuan dan 3,01% untuk nilai keterampilan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan setelah diberikan treatment menggunakan audio visual terhadap hasil belajar shooting bola basket.
Kata kunci: shooting, bola basket, media, audio visual
ABSTRACT
THE EFFECT OF AUDIO VISUAL MEDIA ON THE RESULTS OF BASKETBALL SHOOTING LEARNING IN CLASS XI AK 4 STUDENTS OF STATE VOCATIONAL SCHOOL 2 TUBAN
Name : Setiawan Adi Marzuna
Study Program : S-1 Physical Education, Health, and Recreation
Department : Physical Education
Faculty : Faculty of Sport Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Drs. Sudarso, M.Pd.
Audio-visual media (video) is a teaching method that can be used to present material more and detail so that in giving teaching material is more complete and optimal. Beside, this method can assist teacher in presenting the material to students so that the students can understand it easily. Especially in basketball shooting practice. By audio visual method, in basketball shooting practice, the students can see directly and clear hands movement in doing shooting technic. And the speed of the video can be slow down in order to be clearer. Whatever movement should be practiced. In this case can be concluded that audio visual is a tool used to absurb the learning through listening picture, and video that can interest student to study.
Research with audio-visual media (video) aims to find out how much influence the use of audio-visual media on learning outcomes of shooting basketball in class XI students of SMK Negeri 2 Tuban.
The population of this research is the 11th year students of SMK Negeri 2 Tuban, 2018-2019. And the sample is used cluster random sampling. That is 4 class of accounting program with 35 female students. This sample is done by making a lottery through the mechanism of taking paper that has been done by researcher, only one paper which has shooting written. The Class leader who gets a paper that says shooting will be sampled by the researcher .
This research is pseudo-experiment research by using quantity approach. Researched Program uses one Group Pretest - Posttest Design. The treatment given was basketball shooting learning which was carried out within 2 weeks. The data collection is by doing test of basketball shooting for 30 seconds which is conducted twice namely pretest and posttes and also the knowledge test. This knowledge test is about shooting basketball questions and done by the students.
The result of the research shows that there was only influence of using audio-visual (video) to the result of teaching basketball shooting for the student in class 11th of SMK Negeri 2 Tuban.
It is proved by using t-test significance of knowledge 0.014 and t-test significant of skills 0.042 with the value of knowledge t test 2.611> t table 2.042 while the value of skill t test 2.127> t table 2.042, thus according to the provisions of t arithmetic> from t table with a significant level of 5%, Ha is accepted and Ho is rejected. From these results it was concluded that there was an increase in the influence of audio-visual media (video) on learning outcomes of basketball shooting in AK 4 grade 11th students of SMK Negeri 2 Tuban. Based on the calculation of the percentage of the results of 5.35% for the value of knowledge and 3.01% for the value of the skills, it can be concluded that there is a significant increase after being given treatment using audio visual of the results of learning basketball shooting.
Keywords: shooting, basketball, media, audio visual