STRATEGI PEMASARAN GRUP MUSIK INDIE MOCCATUNE DAN PENCIRI BERMUSIK SEBAGAI BENTUK KEBERTAHANAN
MARKETING STRATEGY OF INDIE MUSIC GROUP MOCCATUNE AND MUSICAL CHARACTERISTICS AS A FORM OF SUSTAINABILITY
Grup musik indie Moccatune merupakan grup musik yang dikelola secara mandiri oleh personilnya. Selain itu Moccatune memiliki keunikan pada gaya bermusiknya. Maka dari itu penelitian memiliki tujuan untuk membahas bagaimana strategi pemasaran dan penciri musik dari Moccatune. Penelitiann Ii menggunkan metode kualitatif dengan disiplin ilmu strategi pemasaran dan musik. Penelitian ini dilaksanakan di kota Surabaya. Subjek penelitian ini adalah personil dan manajer dari Moccatune, serta objek penenlitian ini adalah cara pemasaran dan karya musik dari Moccatune. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa grup musik indie Moccatune menggunkan strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place & Promotion ) dan menggunaka strategi segementasi targeting dan positioning ( STP ). Penciri musik Moccatune terletak pada gaya musik yang mengusung genre pop tahun 2000an. Genre musik Moccatune adalah teen-pop. Instrumen yang digunakan oleh personil Moccatune antara lain gitar grastech tg56155, bass yamaha bb 735a, Musicman Sterling Sub 5, stick drum Kingdo classic series 5a, keyboard roland juno-gi, roland rd 700-gx, keytar Roland A-Synth.progresi akor pada karya Moccatune adalah yaitu III-IV-V-VI, VI-IV-V-I, VI-I-IV-V dan III-I-V.. Diksi pada lirik Moccatune menggunakan bahasa Indonesia saja dan menggunakan diksi yang mudah dipahami namun tetap mengusung keindahan kata.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Penciri Musik, Moccatune
The indie music group Moccatune is a music group that is managed independently by its personnel. In addition, Moccatune is unique in its musical style. Therefore, the research aims to discuss how the marketing strategy and music characteristics of Moccatune. This research uses qualitative methods with the disciplines of marketing strategy and music. This research was implemented in the city of Surabaya. The subject of this research is the personnel and manager of Moccatune, and the object of this research is the marketing method and the music of Moccatune. Data collection used observation, interview, and documentation study methods. Data analysis is done by collecting data, reducing data and presenting data. The results of this study indicate that the indie music group Moccatune uses a 4P marketing mix strategy (Product, Price, Place & Promotion) and uses a targeting and positioning segmentation strategy (STP). The characteristic of Moccatune's music lies in the style of music that carries the pop genre of the 2000s. Moccatune's music genre is teen-pop. The instruments used by Moccatune personnel include grastech tg56155 guitar, yamaha bb 735a bass, Musicman Sterling Sub 5, Kingdo classic series 5a stick drum, roland juno-gi keyboard, roland rd 700-gx, Roland A-Synth keytar. the chord progressions in Moccatune's works are III-IV-V-VI, VI-IV-V-I, VI-I-IV-V and III-I-V. The diction in Moccatune's lyrics uses Indonesian language only and uses diction that is easy to understand but still carries the beauty of words.
Keywords: Marketing Strategy, Music Characterization, Moccatune