Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran Inquiry Labs untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi untuk melihat konsistensi hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran Inquiry Labs berkategori sangat baik pada ketiga kelas berturut-turut, yaitu 87,78%; 85,1%; 86,11% (2) hasil keterampilan proses sains peserta didik meningkat secara signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Inquiry Labs dengan rata-rata skor n-gain termasuk dalam kategori tinggi pada ketiga kelas, yaitu 0,913; 0,902; 0,906 (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran Inquiry Labs berada pada kategori baik pada ketiga kelas, yaitu 80,11%; 80,3%; 79%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa keterampilan proses sains peserta didik meningkat dengan konsisten pada ketiga kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inquiry Labs dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Kata kunci : Getaran Harmonis Sederhana, Inquiry Labs, dan Keterampilan proses sains.
The research attemps to describe the result of implementation of Inquiry Labs learning to improve the student’s science process skill. The study is pre-experiment with one group pretest-posttest design. This research used experimental class and two replication class for the consistency of research result. Data was collected from observations, test, and questionnaire. The analysis result show that: (1) implementation of Inquiry Labs learning are very well in the three classes, that is 87,78%; 85,1%; 86,11% (2) the student’s science process skill achivement rises significantly with n-gain score which categorized as high level in the three classes, that is 0,913; 0,902; 0,906 (3) the student’s response to inquiry labs learning which categorized as well level in the three classes, that is 80,11%; 80,3%; 79%. Based on the result, it can be seen that the student’s science process skill increased consistently in all three classes. Therefore, can be concluded that inquiry labs learning can be improve the student’s science process skill.
Keywords : Harmonic Vibration Materials, Inquiry Labs, dan Science Process Skill