Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Problem Solving Siswa Berbantu Media Pembelajaran
Seiring perubahan zaman dan adanya persaingan global, dibutuhkan pula merancang para peserta didik untuk memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan bagi para peserta didik, dan untuk dapat secara efisien memecahkan masalah dunia nyata. Keterampilan-keterampilan tersebut dapat dilatihkan sebelum memasukin dunia kerja yang sesungguhnya, dimana terdapat berbagai cara salah satunya adalah dengan cara menerapkan mengembangkan keterampilan berpikir (berpikir kritis dan problem solving). Maka dari itu, studi literatur ini bertujuan mengetahui hubungan keterampilan berpikir kritis dengan problem solving siswa, mengetahui aspek penilaian dalam pengukuran berpikir kritis dan problem solving siswa, dan mengetahui adanya pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan problem solving siswa berbantuan media pembelajaran. Dalam studi litertur ini media pembelajaran yang digunakan berbatas hanya berbasis website. Hasil dari studi literatur ini menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan problem solving siswa berbantuan media web pada kelas eksperimen memiliki perbedaan nilai rata-rata disbanding dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebanyak 80,16 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebanyak 75,31.
Along with the times and the existence of global competition, it is also necessary to prepare students to be communicative, collaborative, creative, innovative, critical thinking, and to be able to effectively solve real-world problems. These skills can be trained before entering the real world of work, where there are various ways, one of which is by applying developing thinking skills (critical thinking and problem solving). Therefore, this literature study aims to determine the relationship between critical thinking skills and student problem solving, to determine the aspects of assessment in measuring students 'critical thinking and problem solving, and to find out the influence of critical thinking skills on students' problem solving abilities assisted by instructional media. In this literature study, the learning media used are limited to only website-based. The results of this literature study stated that students 'critical thinking skills on students' problem solving abilities assisted by web media in the experimental class had differences in mean scores compared to the control class. The experimental class obtained an average value of 80.16 while the control class obtained an average value of 75.31.