Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengelolaan bimbingan studi dalam meningkatkan kemampuan penalaran (studi kasus pada program Trust untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya). Mahasiwa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya memiliki masalah dalam mencapai indeks akademik yang baik, gagal dalam lomba karya tulis ilmiah, dalam perkuliahan Mahasiswa kurang bertanya, tidak aktif mengikuti kegiatan seminar atau diskusi.
Pendekataan penelitian yang digunakan peneliti adalah deskripsi kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pengelolaan program trust sangat dibutuhkan proses manajemen yang baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar setiap program atau kegiatan dapat berjalan terarah. Dari kegiatan pengelolaan program bimbingan studi dalam meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya memiliki dampak yang positif bagi peningkatan indeks prestasi akademik.
Kata kunci : pengelolaan program trust, kemampuan penalaran
This study aims to describe the management processstudy guidance in improving reasoning skills (case studies in the Trust program for Students of the Faculty of Education, State University of Surabaya). Students at the Faculty of Education, Surabaya State University have problems in achieving a good academic index, fail in scientific writing competitions, in lectures Students ask less questions, do not actively participate in seminars or discussions.
The research approach used by researchers is a qualitative description. Data was collected using interview, observation, and documentation techniques. The results of the research show that in the process of managing trust programs, a good management process is needed, starting from planning, implementing and evaluating so that each program or activity can be directed. From the activities of managing the study guidance program in improving the reasoning ability of students of the Faculty of Education, Surabaya State University has a positive impact on improving the academic achievement index.
Keywords: trust program management, reasoning ability