Pengaruh Penerapan Aplikasi Quizizz Terhadap Pemahaman Membaca Siswa
The Effect of Quizizz Application on The Students' Reading Comprehension
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Quizizz berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP. Desain pra-eksperimen dengan desain kelompok tunggal digunakan untuk melakukan penelitian kuantitatif ini. Siswa kelas tujuh di salah satu sekolah menengah pertama negeri di Surabaya menjadi sampel penelitian ini selama tahun ajaran 2022-2023. Pre-test dan post-test digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Informasi yang terkumpul diperiksa menggunakan uji-t sampel berpasangan. Nilai rata-rata siswa pada pre-test dan post-test merupakan hasil utama dari penelitian ini. Hasil pre-test menunjukkan skor 64,41, tetapi hasil post-test menunjukkan skor 81,12. Uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menguji temuan-temuan yang dihipotesiskan dalam penelitian ini. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Hipotesis Alternatif diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Quizizz terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
The purpose of this study is to ascertain whether using the Quizizz application affects students' reading comprehension abilities in seventh grade junior high school. A pre-experiment design with a single group design was used to conduct this quantitative study. Seventh graders at one of Surabaya's public junior high schools served as the study's sample during the academic year 2022–2023. Pre-test and post-test were utilized in this study to gather data. The gathered information was examined using a paired sample t-test. The students' mean test scores on the pre-test and post-test were the study's primary results. Pre-test results show a score of 64.41, but post-test results show a score of 81.12. The paired sample t-test was used to test the study's hypothesized findings. The results of the paired sample t-test showed Sig (2-tailed) score is 0.000 <0.05 so that the Alternative Hypothesis is accepted, meaning that there is a significant effect of using Quizizz on students' reading comprehension skills.