Proses pembelajaran Fisika seharusnya lebih ditekankan pada pendekatan keterampilan proses sehingga siswa dapat menemukan fakta-fakta, membangun konsep-konsep, teori-teori, dan sikap ilmiah siswa itu sendiri yang akhirnya dapat berpengaruh positif terhadap kualitas proses pendidikan. Salah satu keterampilan proses yang dapat dikembangkan, yaitu keterampilan proses sains. Upaya yang dapat dilakukan untuk melatihkan keterampilan proses sains, yaitu dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan berbasis model pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, yang terdiri dari define, design, develop dan dessiminate. Perangkat pembelajaran diujicobakan kepada siswa SMA kelas XI dengan menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test design. Teknik pengumpulan data penelitan terdiri dari pengamatan, tes, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan n-gain score untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas perangkat pembelajaran (silabus, RPP, LKS, Buku Siswa dan Lembar Penilaian tes keterampilan proses sains) berkategori sangat valid, (2) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat baik, keterbacaan LKS dan Buku Siswa memiliki tingkat keterbacaan tinggi dan mudah dipahami (3) peningkatan hasil belajar keterampilan proses sains dengan nilai n-gain sebesar 0,82, peningkatan pengetahuan produk dengan nilai n-gain sebesar 0,66 dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran memperoleh respon positif sebesar 87,92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan.
The learning process of Physics should be emphasized in the process skills approach so that students can find facts, build concepts, theories, and scientific attitudes of the students themselves which ultimately can positively influence the quality of the educational process. One of the process skills that can be developed, namely science process skills. Science process skills are the skills students need to develop their potential. Efforts can be made to train science process skills is used learning models that can support teaching and learning activities. This study aims to produce a valid, practical and effective guided inquiry learning model to train science process skills. The type of research that is used development research using 4D techniques which consists of define, design, develop and dessiminate. Learning materials are tested on high school student of class XI and using one group pretest-posttest design. The data were collected using observation, test, documentation, questionnaires. Data analysis technique use the n-gain score to determine the improvement in learning outcomes. The results showed that (1) the validity of the learning materials (syllabus, learning plan, laboratory worksheet, student books and science process skills test assessment sheet) was categorized valid, (2) the implementation of the Learning Plan was very good, the readability of laboratory worksheet and student books had the level of high readability and easy to understand (3) values of increasing process science skills is 0,82 with high category, values of increasing product knowledge is 0,66 with high category and students’ interest in learning gained a positive response of 87,92%. Based on the results of these studies it can be concluded that the devices developed are valid, practical and effective so that they are suitable for used.