Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19
The Effect of Learning Media, Facilities and Learning Environment on Learning Outcomes During the Covid-19 Pandemic
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini menuntut siswa melaksanakan pembelajaran dengan sistem online yang didukung dengan media pembelajaran yang disediakan oleh guru, fasilitas yang cukup mendukung dan lingkungan belajar yang kondusif agar hasil belajar siswa meningkat. Riset ini bertujuan untuk mengetahui dampak secara parsial variabel independen kepada variabel dependen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa OTKP SMK IPIEMS pada mata pelajaran OTK Keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Metode analisis regresi linier berganda. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability Sampling dengan jenis random sampling yang mana pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa melihat jenjang. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 53 siswa. Hasil yang didapat menyimpulkan bahwa secara parsial tiap variabel independent mempunyai pengaruh yang signifikan kepada hasil belajar yaitu memiliki nilai uji- t media pembelajaran 0,36<0,05; fasilitas belajar 0,22<0,05 dan lingkungan belajar 0,36<0,05.
This research is motivated by the condition of the Covid-19 pandemic which requires students to carry out learning with an online system which supported by learning media that provided by the teachers, sufficiently supportive facilities and a conducive learning environment so that learning outcomes of the students will increase. This research aims is to see the partial impact of the independent variable on the dependent variable. The subjects of this study were OTKP students of SMK IPIEMS in the Financial OTK subject. This research uses quantitative research with multiple linear regression analysis method. The sampling technique used in this research was the probability sampling with random sampling type, which was choose random sample without regarding the level. In this study, a sample was taken 53 students. The results obtained conclude that partially each independent variable has a significant effect on learning outcomes, that the result of t-test of learning media value 0.36 <0.05; learning facilities 0.22 <0.05 and learning environment 0.36 <0.05.