MENGEKSPLORASI PENILAIAN OTENTIK DALAM KELAS BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
EXPLORING AUTHENTIC ASSESSMENTS IN ENGLISH CLASSROOM OF INDONESIAN JUNIOR HIGH SCHOOL
ABSTRAK
Usman, Rivaul. 2024. Mengeksplorasi penilaian otentik di kelas Bahasa inggris sekolah menengah pertama. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing. Pembimbing: (I) Dr. Ali Mustofa, M.Pd., dan (II) Syaiful Anam, Ph.D.
Kata Kunci: Penilaian, Penilaian otentik, kelas Bahasa inggris
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian otentik yang digunakan oleh guru dalam kelas bahasa Inggris dan tipe-tipe penilaian yang dipakai oleh guru. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui wujud keaslian dalam tugas-tugas yang digunakan di kelas bahasa Inggris. Penggunaan penilaian otentik di kelas dapat memiliki dampak besar pada perkembangan siswa, terutama dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, jika penilaian yang digunakan oleh guru dipilih dengan benar berdasarkan pengalaman siswa, sesuai dengan karakteristik siswa, dan memenuhi tujuan belajar. Penelitian ini menyelidiki tiga pertanyaan penelitian: (1), penilaian otentik digunakan oleh guru di kelas bahasa Inggris; (2), penerapan penilaian autentik di kelas bahasa Inggris; dan (3), wujud keasliaan dalam tugas-tugas yang digunakan di kelas bahasa Inggris.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di kelas 8 sekolah menengah pertama. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara. Data wawancara diperoleh dari guru bahasa Inggris di kelas 8. Peneliti menggunakan teknik menganalisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Analisis data memiliki tiga fase: kondensasi atau reduksi data, tampilan data, dan menarik dan memverifikasi kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa: (1) penilaian otentik yang digunakan oleh guru adalah penilaian produk dan penilaian portofolio. Berdasarkan wawancara data, penilaian otentik, yang digunakan secara dominan, adalah penilaian kinerja dan penilaian portofolio. Sementara itu, penilaian produk dan proyek digunakan sesuai dengan tema pembelajaran. (2) pelaksanaan penilaian autentik dalam mata pelajaran bahasa Inggris yang diterapkan oleh guru dan jenis penilaian autentic yang digunakan oleh guru di sekolah menengah bawah. Berdasarkan pengamatan data, penerapan penilaian otentik sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat. (3) hasil wawancara juga menunjukkan tugas-tugas otentik dalam pendidikan bahasa, menekankan penggunaan materi dunia nyata, keaslian budaya dan linguistik, dan peran dinamis teknologi.
Kesimpulannya, penerapan penilaian otentik dalam mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Penilaian otentik mengukur kompetensi siswa dan memberikan pengalaman belajar yang berarti. Penilaian kinerja dan portofolio mendominasi, sedangkan penilaian produk dan proyek digunakan sesuai dengan tema pembelajaran. Dalam tema kartu ucapan, penilaian produk digunakan. Guru mengikuti ketentuan kurikulum 2013 untuk penilaian kinerja, produk, proyek, dan portofolio. Dalam tema kartu ucapan, evaluasi portofolio dan penilaian produk digunakan.
ABSTRACT
Usman, Rivaul. 2024. Exploring Authentic Assessment in English Classroom of Indonesian Junior High School. Thesis, Study Progam of Language and Literaure Education, Postgraduate Progam of Universitas Negeri Surabaya: Advisor: ( I) Dr.Ali Mustofa, S.S., M.Pd., and (II) Syaiful Anam, Ph.D.
Keywords: Assessment, Authentic Assessment, English Classroom.
This research aims to determine the implementation of authentic assessment used by the teacher in the English classroom and the types of assessment used by the teacher. This study also aims to determine the authenticity manifested in the tasks used in the English classroom. The use of authentic assessment in the classroom can have a major impact on the learner’s development, especially in learning English as a Foreign Language, if the assessment used by the teachers is chosen correctly based on the learner’s experience, matches the characteristics of the students, and meets the objective of learning. This study investigates three research questions: (1), authentic assessment is used by teachers in the English classroom; (2), the implementation of authentic assessment in the English classroom; and (3). Authenticity manifested itself in the tasks used in the English classroom.
In this study, the researcher used the qualitative research method. The subject of this research is the English teacher in the 8th grade of junior high school. Data collection was done through field observation and interviews. The interview data were obtained from the English teacher in 8th Grader. The researcher used the technique of analyzing the data developed by Miles and Huberman. Data analysis has three phases: data condensation or reduction, data display, and drawing and verifying conclusions. The findings show that: (1) the authentic assessments that are used by the teacher are product assessment and portfolio assessment. Based on the data interview, authentic assessment, which is dominantly used, is performance assessment and portfolio assessment. Meanwhile, product and project assessments are used according to the learning theme. (2) the implementation of authentic assessment in the English subject applied by the teacher and the authentic assessment types used by the teacher at junior high school. Based on the data observation, the implementation of authentic assessment is in accordance with the lesson plan that has been made. (3) The results of the interviews also showed the role of authentic tasks in language education, highlighting the use of real-world materials, cultural and linguistic authenticity, and the dynamic role of technology.
In conclusion, the implementation of authentic assessment in English subjects at Indonesian junior high schools. Authentic assessments measure student competence and provide meaningful learning experiences. Performance and portfolio assessments are dominant, while product and project assessments are used according to the learning theme. In the greeting card theme, product assessment is used. Teachers follow the 2013 curriculum provisions for performance, product, project, and portfolio assessments. In the greeting card theme, portfolio assessment and product assessment are used.